Sabtu, 19 November 2011

Koefisien bentuk kapal

Koefisien bentuk kapal secara garis besar di kelompokkan menjadi 4 bagian yaitu, koefisienwaterline kapal, koefisien block kapal, koefisien prismatik, dan koefisien midship. setelah kemarin kapal cargo blog menghadirkan postingan tentang ukuran utama kapal sekarang saatnya kita melangkahpada koefisien bentuk kapal. ikuran utama kapal dan koefisienbentuk kapal merupakan data awal yang kita butuhkan dalam merencanakan penggambaran kapal. salah satunya untuk menggambar lines plan kapal , . berikut adalah uraian tentang koefisien bentuk kapal .
Koefisien garis air kapal (Cwl)
Koefisien garis air kapal ( coefficient waterline) dengan notasi Cwl atau α.

Koefisien water line /koefisien garis air kapal (Cwl) adalah perbandingan antara luas bidanggaris air muat ( Awl ) dengan luas sebuah empat persegi panjang dengan lebar B.
Cwl =Awl/Lwl
dimana :
Awl = Luas bidang garis air.
Lwl = Panjang garis air.
B = Lebar kapal ( Lebar Garis Air ).
Pada umumnya nilai Koefisien garis air kapal (Cwl) terletak antara 0,70 ~ 0,90
Koefisien midship kapal (Cm)
koefisien midship kapal atau Koefisien Gading besar dengan Notasi Cm ( Midship Coeficient )
Gambar Koefisien midship kapal
Koefisien midship (Cm) adalah perbandingan antara luas penampang gading besar yang terendam air dengan luas suatu penampang yang lebarnya = B dan tingginya = T.
Cm = Am/ B . T.
Penampang gading besar ( midship ) yang besar terutama dijumpai pada kapal sungai den kapal – kapal barang sesuai dengan keperluan ruangan muatan yang besar. Sedang bentuk penampang gading besaryang tajam pada umumnya didapatkan pada kapal tunda sedangkan yang terakhir di dapatkan pada kapal – kapal pedalaman.
Harga koefisien midship terletakantara 0,50 ~ 0,995 dimana harga yang pertama di dapatkan pada kapal tunda sedangkan yang terakhir di dapatkan pada kapal – kapal pedalaman.
Bentuk penampang melintang yang sama pada bagian tengah dari panjang kapal dinamakan dengan Paralel Midle Body.
Koefisien Blok Kapal ( Block Coeficient )
Koefisien blok kapal adalah merupakan perbandingan antara isi karena dengan isi suatu balok dengan panjang = Lwl, lebar = B dan tinggi = T. Koefisien Blok dengan Notasi Cb.
Koefisien Blok kapal
Cb = V / Lwl. B.T
Dimana
V = Isi karene (volume balok)
Lwl = Panjang garis air.B = Lebar karene atau lebar kapal.
T = Sarat kapal.
Dari harga Cb dapat dilihat apakah badan kapal mempunyai bentuk yang gemuk atau ramping. Pada umumnya kapal cepat mempunyai harga Cb yang kecil dan sebaliknya kapal – kapallambat mempunyai harga Cb yang besar.
Harga koefisien blok kapal (Cb) terletak antara 0,20 ~ 0,84.
Koefisien Prismatik Kapal (Cp) Prismatik Coefficient
Gambar koefisien prismatik kapal
Koefisien prismatik kapal di bagi menjadi 2 bagian yaitu koefisien prismatik memanjang (biasa disebut koefisien prismatik horizontal atau longitudinal) danyang kedua adalah koefisien prismatik Vertikal (biasa disebut koefisien prismatik tegak).
*. Koefisien Prismatik Memanjang ( Longitudinal Prismatic Coeficient ).
Koefisien prismatic memanjangdengan notasi Cp adalah perbandingan antara volume badan kapal yang ada di bawahpermukaan air ( Isi Karene ) dengan volume sebuah prisma dengan luas penampang midship ( Am ) dan panjang Lwl
Cp = V/Am.Lwl
Dimana :
V = Isi Karene.
Am = Luas penampang gading besar ( luas midship ).
Lwl = Panjang garis air.
Kalau dijabarkan lebih lanjut rumus tersebut menjadi Cp = Cm/Cb Seperti dijabarkan berikutini.
Cp = V/Am.Lwl...................(1)
Cb = V/Lwl.B.T
V = Lwl. B.T.Cb .................(2)
Cm = Am/B.T
Am = B.T.Cm .....................(3)
Kalau ( 2 ) dan ( 3 ) dimasukkan pada ( 1 ), maka diperoleh :
Cp = (Lwl.B.T.Cb)/(Lwl.BT.Cm)
Cp =Cb/Cm
Jadi koefisien prismatik memanjang sama dengan koefisien balok dibagi koefisien midship. Harga Cp pada umumnya menunjukkan kelangsingan bentuk dari kapal.
Harga Cp yang besar terutama menunjukkan adanya perubahan yang kecil dari bentuk penampang melintang disepanjang panjang Lwl. Pada umumnya kapal mempunyai harga koefisien prismatik kapal (Cp) yang terletak antara 0,50 dan 0,92.
*. Koefisien Prismatik tegak dengan notasi Cpv adalah perbandingan antara volume badan kapal yang ada dibawah permukaan air ( Isi Karene ) dengan volume sebuah prismayang berpenampang Awldengan tinggi = T. Cpv = V/Awl T
dimana
V = Isi Karene.
Awl = Luas Penampang garis air.
T = Sarat air.
Kalau dijabarkan lebih lanjut dengan mengganti harga V = LwlB.T.Cb dan Awl = Lwl.B.Cwl, makadi peroleh Harga : Cpv = V/Awl.T.
Cpv =(Lwl BT Cb)/(Lwl BT Cwl)
Cpv = Cb/Cwl.

2 komentar:

  1. Selamat sore pak Anton Rivai,

    saya mau bertanya mengenai coefisien water plan ( Cw ) dan coefisien block ( Cb ), apakah ada kemungkinan nilai Cw & Cb bisa 1 atau lebih? mohon agar di jelaskan.

    Terima kasih sebelumnya pak anton

    BalasHapus
  2. Selamat sore pak Anton Rivai,

    Mengulangi pertanyaan saya kemarin, mohon agar di informasikan
    ke saya mengenai coefisien water plan ( Cw ) dan coefisien block ( Cb ), apakah ada kemungkinan nilai Cw & Cb bisa 1 atau lebih? mohon agar di jelaskan.

    Terima kasih sebelumnya pak anton

    BalasHapus