1.Pastikan oli mesin cukup dan aki punya setrum penuh
2.Panaskan mesin sampai suhu kerja normal,matikan mesin
3.Lepaskan semua busi
4.Pasang alat ukur kompresi pada lubang busi silinder no.1
5.Injak pedal gas sampai habis
6.Start mesin hingga tekanan kompresi mencapai nilai tertinggi
7.Lakukan tes yang sama pada lubang silinder yang lain
Tekanan kompresi,standar = 11kg/cm
Limit = 9,0 kg/cm
8.Bila rendah atau tidak rata,lakukan tes ulang setelah memasangkan busi ke dalam lubang silinder yang nilai kompresinya paling rendah:
a.Bila tekanan kompresi naik,berarti ring piston silinder aus
b.Bila tekanan tidak naik,tandanya permukaan kepala silinder tidak rapat
c.Bila dua silinder yang berdekatan tekananya naik,kemungkinan penyebabnya adalah karter silinder di antara dua silinder itu sudah bocor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar