Sabtu, 05 November 2011
Injeksi Langsung dan Tak Langsung
Injeksi Langsung Dan Tak Langsung : [1]. INJEKSI LANGSUNG : Pada akhir langkah kompresi,torak mendekati kepala silinder,udara masuk melalui katup kemudian nozel memyemprotkan langsung ke ruang bakar, akibat kompresi yang tinggi bahan bakar akan menyala dengan sendirinya.Macam-macam bentuk ruang bakar Cara memperoleh pusaran Contoh:ruang bakar bentuk hati Selama langkah isap Saluran hisap di konstruksi sedemikian rupa supaya terjadi pusaran radial Selama langkah kompresi Sewaktu torak mendekati TMA udara di tekan ke dalam ruang bakar,sehingga terjadi putaran arah aksial Hasil pada saat penyemprotan Udara yang berputar (pusaran radial dalam ruang bakar, dalam waktu yang bersamaan terjadi pusaran aksial). [2].INJEKSI TAK LANGSUNG : [A].Kamar muka Cara kerja Pada langkah kompresi sebagian besar udara di tekan ke dalam kamar muka,kemudian bahan bakar disemprotkan terhadap bola penyala.Bagian tersebut.terikat dengan jembatan yang relatif tipis,maka menjadi sangat panas selama motor hidup.Oleh karena itu, dengan cepat.akibat pembakaran sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar muka dan ikut terbakar dengan udara yang masih didalam silinder.Catatan:Saat ini sistem tersebut hanya di gunakan Mercedes–Benz.Memerlukan injektor jenis Nozel pasak dengan bentuk penyemprotan khusus,tekanan pembukaan Nozel 110–150 bar/11– 15 Mpa. Memerlukan sistem pemanas mula untuk menghidupkan motor, bila suhunya lebih rendah dari ± 50 0 C 2.Kamar Pusar Cara kerja Pada langkah kompresi, sebagian besar udara di tekan ke dalam kamar pusar.Udara menerima pusaran yang sangat cepat,karena saluran penghubung yang menuju secara kedalam kamar pusar.dikontruksi miring/tangensial. Akibatnya bahan bakar yang di semprotkan cepat menguap dan menyalakan diri.Dari hasil pembakaran sebagian bahan bakar di tiup keluar dari kamar pusar dan ikut terbakar dengan sisa udara yang masih di dalam silinder. Catatan:Kebanyakan motor kecil–sedang menggunakan sistem ini.Menggunakan injektor nozel pasak dengan tekanan pembukaan nozel 110–150 bar/11 – 15 Mpa.Jika kondisi motor baik,sistem pemanas mula hanya perlu pada temperatur dibawah 25 0 C S istem Pemanas Mula ( Busi Pijar )Fungsi:Untuk memanasi ruang bakar kamar muka/pusar dengan aliran listrik untuk memungkinkan bahan bakar mudah menyala terbakar, sehingga motor bisa hidup pada saat dingin. Macam-macam BUSI PIJAR : Busi pijar bentuk kawat [1].Pol luar [2].Isolator. [3].Pol dalam. [4].Kawat pemanas. Pemasangan busi pijar bentuk kawat dirangkai“SERI“Busi pijar bentuk batang [1]. Rumah. [2].Keramik. [3].Koil pemanas. [4].Tabung pemanas Pemasangan busi pijar bentuk batang dirangkai“PARAREL“Rangkaian Sistem Pemanas Mula Kunci kontak posisi G Busi pijar dinyalakan 2–10 detik,setelah kawat pijar membara ® motor dapat distarter Kunci kontak posisi ST Selama motor distater sistem pemanas tetap berfungsi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar