temperatur gas buang
abnormal.Banyak orang yang tidak begitu menghiraukan apabila exhaust manifold merah membara....( ah biasa aja..namanya juga terjadi pembakaran..dan sisa pembakaran di dalam silinder tersebut di keluarkan lewat knalpot alias exhaust manifold bagi mesin diesel besar ) namun jangan pernah anggap sepele ketidak normalan ini,..ini merupakan suatu indikasi kalau ada yang gak beres terjadi pada mesin yang anda jalankan...emang sih temperatur gas buang fluktuatif tergantung pada berapa banyak energi yang terbakar di dalam ruang silinder...namun bila sudah berlebihan ( tidak seperti biasanya/exhaust manifold merah membara ).suhu air pendingin Jacket water, intercooler water dan pelumas ikutan tambah panas,ini artinya sudah terjadi sisa pembakaran energi di luar silinder ( terjadi di exhaust manifold ) tempat yang tidak semestinya terjadi pembakaran energi...jelas energi tersebut loss tidak dimanfaatkan menjadi energi gerak..jangan salahkan klo mesin itu borosss BBM..!
mengapa sih bisa kejadian seperti itu....??? lakukan beberapa langkah di bawah ini : [1]. coba cabut injector dari silinder blok,kemungkinan nozel buntu akibat kerak pembakaran sehingga pengabutan yang terjadi tidak sempurna. [2]. periksa suhu udara bilas,kemungkinan
intercooler tidak berfungsi
sempurna mendinginkan udara bilas yang dikirimkan dari turbo.periksa system pendinginan
intercoolernya,periksa juga suhu di skitar mesin saat itu.jadi intinya udara yang digunakan untuk pembakaran dan udara bilas panas (partikel udara panas tidak padat)sehingga pembakaran tidak sempurna.membakar
energi di luar silinder. [3). resetting valve gap / jarak
antara kepala rocker arm dengan kepala valve case,biasanya akibat operasi dalam waktu yang lama setinggan berubah sehingga timing pembakaran tidk benar...kasarnya silinder sudah harus langkah usaha tp masih aja kompresi...jadi akhirnya terpaksa sisanya di bakar di luar silinder. [4]. Seandaix semua bagus,coba periksa kompresi silindernya,mungkin udah lemah butuh di ganti kali ring
silindernya...kemudian re- sekir valve.
thanks bro,
BalasHapusBro, mau nanya. kebetulan di tempatku ada 2 engine PLN (8 cly) yang operasi bersamaan. barusan ini terjadi masalah yg bersamaan pula di mana turbochargernya itu menjadi membara. kira2 ada solusinya utk tahap2 trouble shoothingnya bro?
Hapuspak maxi, coba periksa timming pembakaran semua cylinder (sesuaikan dg manual book), periksa pengabutan dan tekanan injector, bersihkan filter udara masuk dan yg terakhir periksa turbocharger kemungkinan kotor atau clearancenya terlalu tinggi,,,
HapusMesin bapak maxi Caterpillar? Atau deutz khd?
HapusMesin saya cat 3512 B 12 cylinder..Rpm pull 1800..tapi di rpm 1200 manipol dan turbo mulai merah membara exaus diatas 600 serat Celcius...mohon masukannya para senior !!! Thanks sebelumnya
HapusIjin pak. Mesin saya cat 3512B. Rpm 1800 full. Tetapi 1100 sudah ditemp exh 600. Cooling water temp normal.
Hapusthanks bro..ulasan yang sangat membantu..memang erkadang kita jg butuh bloger seperti ini..walau saya juga seorang pelaut tapi jujur terkadang ada saja yg tidak ingat alias lupa.and gak jarang juga yg kurang memahami..thanks bro..maju terus blog ini..
BalasHapusPagi p anton,mesin kapal saya pada manipool gas buang keluar olie pak,tetapi pada pad lubang pernapasan tidk berwarana putih,olie dari man pak yang keluar,
BalasHapusDr seal ring turbo bocor
HapusPagi p anton,mesin kapal saya pada manipool gas buang keluar olie pak,tetapi pada pad lubang pernapasan tidk berwarana putih,olie dari man pak yang keluar,
BalasHapusOli keluar dari cerobong ya pak?
HapusBro selain cara diatas ada lagi ga? Dikapal saya ada 2 enggine (12cyl) Saya udah periksa semua dan baik baik aja tapu manifold tetep panas. Mohon bantuannya udah hampir sebulan temperatur air dan gas buang abnormal
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusCek aja intercoller nya bro.
HapusBersihkan After cooler
HapusBro selain cara diatas ada lagi ga? Dikapal saya ada 2 enggine (12cyl) Saya udah periksa semua dan baik baik aja tapu manifold tetep panas. Mohon bantuannya udah hampir sebulan temperatur air dan gas buang abnormal
BalasHapusTemprature gas buang wajar panas namun panasnya ada batasnya om, klo dingin jadi pertanyaaan...
HapusMungkin ditulis nilai std brp dan yg d sebut panas itu brp?
Air panas lebih (diatas std) itu efek pembakaran tdk sempurna itu kemungkinan krn kekurangan udara,, kekurangan udara kemungkjnan jarena intercooler (klo ada) atao performance turbo tidak bagus,,,
HapusKalo timming pembakaran sesuai standar
Injector sdh kalibrasi
Ruang bakar tidak aus, tapi kalau secara keseluran temp gas buang tinggi itu kurang udara/ pembakaran tdk sempurna
Maaf klu salah..penyebab temp air, oli dan turbo panas bisa jdi termostat pd mesin tdk berpungsi.
HapusCek aja turbo n intercoller nya.
BalasHapusCek aja turbo n intercoller nya.
BalasHapusCoba cek intercoller dan pipa masuk kemungkinan telah terjadi korosi
BalasHapusCoba cek intercoller dan pipa masuk kemungkinan telah terjadi korosi
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPak kapal saya manipol dan turbo panas membara rpm 230
BalasHapusKondisi jalan
Oli air udara bilas normal asap bening
Nozel dan plungerbarel baru
Turbo dan intercooler service
Klep in dan ex di sekir
Busing klep ganti baru
Panas nya kalau ada beban
Kalau tanpa beban rpm 300 normal
Mesin hanzin 6EL 30G 1800ps rpm 300 timing dan setel klep sesuai
Mohon solusinya
Terimakasih
Saya pernah alami bgni om...kemungkinan turbo tidak bekerja maximal.
HapusTurbo Putaran nya berat/center,dan kebocoran di gasket atau clamp exhaust
HapusPak kalaw exhaust temperatur sikatan glowing suhunya berapa pak?
BalasHapusMaksud saya di katakan bukan sikatan
BalasHapusMohon jawabannya pak
Mlm pak, mohon solusinya ditempat saya bekerja engine 3512 turbo nya membara dua2..
BalasHapusSy sdh ganti filter udara, fuel filter dan racor. Tp msh turbonya membara. Minta tolong solusinya pak. Mksh
Cek injectornya nya pak..
HapusCek injectornya nya pak..
HapusYa INI saya pernah alami di genset 10cyl efek kualitas solar yg buruk
BalasHapusMakasi atas ilmunya pak tentang tempt gas buang abnormal
BalasHapusmlm pk anton salam knl semuanya... saya mengoperasikan mesin diesel yanmar 12 aym wst..turbo nyampe 600 derajat. kita sdh cek injector.. kle isap dn buang. air intercooler normal.. kalau dari timing mesin btdc nya 18.5 dan atdc 17.5 tapi ketika top salh 1 silindwr gk kluar hembusan minyak pas diturning gear mhn pencerahannya.. terim kasihh.
BalasHapusSya punya m3sin mitsubisi pak kira2 apanya bermasala jika tutbocarger merah pada saat rpm di atas 900
BalasHapusSya punya m3sin mitsubisi pak kira2 apanya bermasala jika tutbocarger merah pada saat rpm di atas 900
BalasHapusSaya ada mesin cummins kta38m2
BalasHapusTurbonya membara. Klo blh tau penyebabnya apa. Solusinya gimana
Trims
mau tanya pak...di tempat saya ada unti mesin MTU 12V seri 2000 G65 itu salah satu unitnya mengalami Turbocharger yg memebara kira" langkah" utk mengatasi masalah tersebut seperti apa ya ?
BalasHapuscara mengatasi radiator air tawar mendidih mesin kapal merk kta19
BalasHapusGanti Gasket clyder head dan Chek aliran Syistem pendingin
HapusKami punya genset 320 Kw/ 400 KVa
BalasHapusProblem: pada awalnya genset sanggup di bebani 230 kw setealh di perventive dengan mengganti seluruh filter dan oli oleh pemilik merk genset hanya mampu dibebani 93 kw dan tidak sanggup dengan waktu lama. jika kami boleh tahu apa yang jadi kendala genset tersebut, mohon solusinya
Thanks pak sudah berbagi ilmu masalah over heating smoga bermanfaat buat para engineer.
BalasHapusSaya ada mesin komatsu pc200-8M0. Turbo carger rpm 2000 nyampe 500 . kira kira apanya ya. Nozel sudah di ganti , turbo sudah ta tuker. Klep sesuai panduan. Interkuler ok.
BalasHapusPak aku mu tya knpa y suhu exhaust d mesin diesel saya terlalu tinggi padhal mesin baru bergerak kurleb 20menit..
BalasHapusMaaf mau nanya saya punya mesin generator emergency merek Cummins 6 cyl.. pertanyaan saya apa penyebab bunga api keluar pada cerobong.. terimakasih
BalasHapusSaya punya mesin yanmar aym ete,gas buang tinggi,apa penyebabnya?thanks
BalasHapusBMW F10 engine N52.. exhaust manifold merah..jalan penyelesaiannya?
BalasHapusPak standar panas turbocharger yg membara.. Berapa yah rpm 1800 high idle... Engine caterpillar mf420
BalasHapussaya juga mau tanya pak,mesin genset ditempat saya MAN D2866, daya terpasang 200 kW, saat beroperasi kondisi berbeban dibawah 100 kw temperatur exhaust dan turbo normal,tapi beban diatas 100 kw, exhaust dan turbo membara temperatur diatas 500 dearajat (cuma temperatur exhaust dan turbo aja yg upnormal, untuk tempetatur air masih normal skitar 70 derajat) pengecekan yg sudah dilakukan 1.pembersihan inter cooler 2.pengetesan injector 3.penyetelan valve dan 4.pengecekan turbo (secara visual) kira" apalagi yg harus dicek biar temperatur exhaust bisa normal kembali???
BalasHapusPak mau tanya Gas buang turbo Charger pd mesin yanmar Aym maximum berapa...ini aja Rpm 1200 udah 470 derajat celcius
BalasHapusPak saya mau tanya apanya masalah klau Exhaust temp tinggi sehingga semua manipol merah,mesin saya cat 3508B trimakasih sebelumnya
BalasHapusPak mau nanya kalau mesin daya mampu 500 kW,setelah hanya pikul beban 300 kW temperatu gas buang sudah tinggi,exh manivoldya sudah membara, penyebab ny apa????
BalasHapusPak bro saya mau tanya...generator saya yanmar s185 st 6 cylinder.
BalasHapusKmren baru aja O/H dan ganti ring piston semua.fuel pump juga ganti semua.liner juga sudah di ganti sebagian yg sudah kemakan.turbo juga sudah di bersihkan dan O/H.timming fuel pump sudah di stel sesuai manual book.tapi sekarang ada masalah cyl nomor 4 setiap kena beban kok exh gas buang nya cepat skali ya naiknya.
Kalaw di cylinder yg lainya semua normal ketika kena beban naiknya pelan dan gk banyak alias normal...mohon masukanya bagi teman2 yg punya solusi...trima kasih