Sabtu, 19 November 2011
Kamus Otomotif 3
Regulator : Gunanya untuk menghubungkan dan memutuskan arus dari dinamo ke aki secara otomatis. Regulator voltase : Alat yang mengatur atau mengontrol output voltase alternator atau generator.Reservoir air pendingin mesin : Berfungsi mendinginkan uap air panas dan kemudian menampungnya. Resistor Balast : Digunakan untuk mengontrol arus primer dan mencegah koil dari panas yang berlebihan pada kecepatan rendah dan pemutus akan turun jika kecepatan mesin tinggi. Dipasang dengan kabel antara sakelar penyalaan dan koil. Kabel yang digunakan dapat berupa kabel khusus dalam sistem pengkabelan atau kawat resistor yang ditempatkan pada blok keramik dan dijepit pada panel dekat koil. Restrictor Turbo : Pembatasan ukuran diameter lubang saluran turbo ke saluran masuk (intake manifold). Rich Limit : Campuran antara bahan bakar dengan udara yang lebih banyak bahan bakarnya dibanding udaranya atau biasa disebut batas campuran kaya (gemuk). Ring piston : Ring yang dipasang di bagian pinggir piston dan pada dinding silinder untuk menutup rapat ruang kompresi.Roda Gaya : Roda gendeng/roda logam bulat di ujung poros engkol yang menghimpun dan mengantarkan tenaga mesin ke transmisi. Roda Gigi Timing : Roda gigi ini mereduksi/menurunkan jumlah perputaran dari roda gigi poros engkol dan memindahkan tenaganya ke roda gigi poros kam. Selanjutnya, poros kam menggerakkan kam (tonjolan) untuk membuka dan menutup katup pada ruang pembakaran untuk mesin empat langkah. Poros kam berputar setengah putaran dari kecepatan poros engkol.Rocker Arm : Adalah lengan penumbuk katup berfungsi untuk menekan ujung batang katup sehingga katub terbuka.Rotor : Komponen ini terbuat dari ebonit yang bagian atasnya besi kuningan, tertancap di bodi distributor. Rotor bekerja berputar di dalam tutup distributor, membagi arus ke busi sesuai dengan urutan pembakaran mesin mobil. RPM : Singkatan dari revolution per minutes merupakan standar ukuran kecepatan rotasi. Digunakan untuk menunjukkan kecepatan dimana berbagai komponen putar berotasi. Ruang pembakaran : Daerah dalam silinder mesin di mana pembakaran campuran bahan bakar / udara terjadi.Restrictor Turbo : Pembatasan ukuran diameter lubang saluran turbo ke saluran masuk (intake manifold).RODA GILA / FLYWHEEL : Komponen bulat sangat berat ini berada di salah satu ujung poros engkol. Fungsinya menjaga poros engkol tetap berputar dengan rata ketika tidak ada tenaga yang dihasilkan mesin. Tenaga untuk mendorong itu merupakan inersianya yang besar lantaran bobotnya yang berat. Besarnya bobot roda gila ini menentukan momen puntir yang dihasilkan mesin. Karena diameternya besar, roda gila juga digunakan sebagai tempat untuk menghidupkan mesin. Atau tempat cantelan motor starter, karena itu bagian pinggirnya dipenuhi dengan gerigi. Sabuk penggerak : Sabuk kain dan sabuk karet yang menggunakan perputaran katrol poros engkol untukmemutar alternator, pompa air, pompa kemudi servo, dan kompresor alat pendingin udara, jika dilengkapi dengan onderdil tersebut. Beberapa mobil menggunakan sabuk tunggal, disebut sabuk penggerak yang berkelok-kelok, untuk menggerakkan banyak komponen. Satuan Kecepatan : Amerika menerapkan satuan kecepatan mil/jam. Sedangkan Indonesia km/jam. 1 mil/jam = 1.6093 km/jam. 1 km/jam = 0.621 mil/jam. Satuan Volume : Satuan volume di Indonesia adalah cc (cubic centimeters) atau 1/1000 liter. Di luar negeri ada yang memakai satuan volume cubic inches (cu.in). 1 cu.in = 0.0164 liter = 16.3866 cc. SAE : Society of Automotive Engineer adalah satuan ukuran kekentalan oli.Saringan udara : Untuk membersihkan udara yang diperlukan pada proses pembakaran dalam silinder motor. Saringan Bensin : Berfungsi untuk menahan kotoran yang dikandung oleh bensin sebelum masuk ke pompa.Selubung engkol : Onderdil mesin paling bawah, yang mengelilingi poros engkol.Setang Piston : Fungsinya sebagai penghubung antara piston dengan poros engkol, sekaligus mengubah gerak bolak-balik menjadi gerak putar.Sistem listrik : Komponen yang menghidupkan mobil anda, mengisi kembali dan menyimpan listrik, serta mengoperasikan peralatan listrik. Sistem pelumasan : Saluran mesin, saringan dan pompa oli, dan onderdil terkait yang melumas mesin untuk mengurangi aus pada onderdil bergerak. Sistem penyalaan : Sistem yang memasok dan mendistribusikan bungaapi yang dibutuhkan untuk pembakaran mesin. Sistem Pengapian : Sistem pengapian hanya terdapat pada mobil bermesin bensin berfungsi untuk menghasilkan tegangan yang tinggi untuk mengadakan bunga api di antara elektroda busi sehingga campuran bahan bakar udara dibakar sempurna walaupun kecepatan berubah-ubah. Sistem Suspensi : Berfungsi untuk mengurangi dan menyerap getaran-getaran dan goncangan selama kendaraan berjalan terutama pada jalan yang tidak rata.SOHC : Single Over Head Camshaft : adalah konfigurasi mesin yang menggunakan satu poros bubungan untuk mengontrol katup di mana poros cam ditempatkan pada bagian atas ruang bakar. Sehingga suara mesin menjadi lebih halus dan pencapaian putaran mesin menjadi lebih tinggi jadi mobil memiliki akselerasi yang lebih cepat.Supercharger : Alat yang terletak padasistem mekanisme penggerak fungsinya membantu suplay udara masuk ke ruang bahan bakar agar proses pembakaran bahan bakar jadi lebih sempurna. Bekerja pada putaranrendah maupun tinggi. Terletak satu poros dan satu sirkulasi dengan camshaft atau crankshaft.SOHC : Single Over herd Camshaft Sliding : Sebuah benda yang tidak bergerak berputar, tapi posisinya berubah.Setang Piston / CON ROD : Fungsinya sebagai penghubung antara piston dengan poros engkol, sekaligus mengubah gerak bolak-balik menjadi gerak putar. Termostat : Katup otomatis yang digunakan sebagai alat untuk mengatur aliran air pendingin dari mesin ke radiator.Turbo : Berfungsi menambah suplai udara ke dalam saluran masuk. Akibatnya mesin mendapat tambahan oksigen bertekanan tinggi sehingga tenaga mesin terdongkrak. Turbo biasa disebut rumah keong terdiri darisebuah turbin dengan dua kipas saling berhubungan. Kipas pertama menerima embusan gas dari saluran buang. Akibatnya kipas kedua juga berputar meniup udara segar dari luarke dalam saluran masuk. Biasanya turbo bekerja mulai 3.000 rpm. Turbocharger : Alat yang terletak padasistem mekanisme penggerak fungsinya untuk mempercepat keluarnya gas buang dari saluran buang dan lebih cepat memompa udara baru ke saluran masuk (intake manifold) yang telah dipanasi oleh gasbuang sebelumnya, sehingga daya mesinnya lebih baik dan lebih besar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar