Istilah yang sering di pakai
ketika mengalami mesin
bergetar kasar /
berguncang yang
di akibatkan satu atau
lebih silinder ruang bakar bermasalah.Bisa
di sebabkan oleh busi yang
bermasalah, injektor
mati/mampet, tekanan
kompresi yang lemah
pada salah satu atau lebih silinder ruang bakar.Asap Putih: Saat mesin digunakan
terus-menerus keluar
asap putih dari knalpot,
biasanya menunjukkan
adanya oli mesin yang
terbakar.Bisa di sebabkan oleh Ring Piston yang aus
atau Seal Klep yang aus
sehingga oli masuk ke
ruang bakar dan
menimbulkan asap putih
di knalpot.Biasanya oli mesin menjadi cepat
berkurang.Gejala-gejala di atas biasanya di sertai
lemahnya kompresi ruang
bakar pada salah satu
atau lebih silinder mesin.
(tekanan kompresi di bawah spesifikasi
standar minimum)
Umumnya mesin tidak
dapat bekerja baik jika
tekanan kompresi berada
di bawah 100 PSI/7 BAR/7.2 kg/cm2
Kebanyakan mesin bensin
bekerja dengan baik
antara 140 PSI (9.5 BAR)
hingga 220 PSI (15 BAR)
tergantung spesifikasi standar masing-masing
model/merek mesin.
Untuk mesin diesel
umumnya bekerja di
kisaran 600 PSI jadi
pastikan alat tes kompresi harus sanggup mengukur
tekanan kompresi yang
tinggi jika akan mengukur
tekanan kompresi mesin
diesel. Biasa di pakai yang
mempunyai range 0-1000 PSI (0-70 BAR).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar