COMPRESSION/LANGKAH KOMPRESI : Pada 35° setelah titik mati bawah (TMB) katup isap mulai tertutup.Pada 43° setelah TMB atau 137° sebelum TMA,katup isap intake pada kedudukannya dan sepenuhnya tertutup. Di titik ini muatan udara pada tekanan normal sekitar 14,7 psi atm dan suhu udara ambien berkisar ~80°F.Sekitar 70° sebelum TMA,piston telah menempuh perjalanan sekitar 2,125 inchi atau sekitar setengah dari ruang langkah kerja silinder,sehingga mengurangi setengah volume silinder.Suhu dua kali lipatnya menjadi berkisar ~160°F dan tekanan sekitar ~34 psi atm. Sekitar 43° sebelum TMA piston telah melakukan perjalanan 3,062 inchi keatas dan volume sekali lagi dibagi dua.Akibatnya
suhu naik dua kali lipat menjadi sekitar ~320°F dan tekanan ~85 psi atm. Ketika piston telah mencapai 3,530 inchi dari ruang langkah kerja silinder,volume silinder dibagi dua lagi dan suhu mencapai sekitar 640°F dan tekanan 277 psi atm. Ketika piston telah mencapai 3,757 inci dari ruang langkah kerja silinder,volume dibagi dua dan suhu meningkat sampai 1280°F dan tekanan mencapai 742 psi atm.Dengan luas piston 9,616 inchi kuadrat maka tekanan dalam silinder mengerahkan kekuatan sekitar 7.135 lb atau 3,5 ton gaya tekan.Hitungan di atas untuk mesin ideal dan memberikan contoh yang baik dari apa yang terjadi di dalam mesin selama kompresi.Dalam sebuah mesin yang sebenarnya tekanan hanya mencapai sekitar 690 psi atm.Hal ini terutama disebabkan hilangnya panas ke bagian
mesin sekitarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar