Asal mula tenaga motor:
-Ada bahan bakar
-ada udara
-ada panas yang tinggi
yang bisa membakar
campuran udara dan bahan bakar
-pembakaran di ruang
tertutup menimbulkan
tekanan
-Tekanan tersebut
dinamakan tenaga motor Mesin otomotif
berdasarkan langkah
kerjanya:
- Mesin 2 langkah/2 takt
- Mesin 4 langkah/4 takt Berdasarkan bahan
bakarnya: - Motor Bensin
- Motor Diesel Mesin yang menggunakan
bahan bakar bensin
dinamakan motor
bensin.Pada motor
bensin,penyaluran bahan
bakarnya menggunakan karburator. Mesin yang menggunakan
bahan bakar solar
dinamakan motor
diesel.Pada motor
diesel,penyaluran bahan
bakarnya menggunakan bosh pump. Konstruksi motor diesel
pada umumnya
mempunyai konstruksi
mesin yang lebih kuat dan
lebih berat daripada
konstruksi motor bensin,karena sistem
pembakaran pada motor
diesel mempunyai daya
yang lebih kuat
dibandingkan sistem
bahan bakar motor bensin sehingga motor diesel
membutuhkan konstruksi
yang lebih kuat
dibandingkan dengan
konstruksi motor bensin. Pada mesin 2 takt
mempunyai 2 langkah
kerja,yaitu: 1. langkah ekspansi 2. langkah kompresi 1)Langkah
kompresi:Torak/piston
bergerak dari TMB ke
TMA,saluran masuk bahan
bakar terbuka,campuran
bahan bakar & udara masuk ke ruang karter&
gas yang ada di ruang
bakar dimampatkan oleh
piston. 2)Langkah
ekspansi:Beberapa derajat
sebelum TMA busi
meloncatkan bunga api
listrik & gas yang ada di
ruang bakar akan terbakar & timbul tekanan
yang tinggi sehingga
mendorong piston ke
TMB.Saluran masuk
tertutup & bahan bakar di
dalam karter naik ke ruang bakar melalui
saluran pembilasan
sekaligus mendorong gas
sisa pembakaran keluar
dari ruang bakar melalui
saluran buang. Pada mesin 4 takt
mempunyai 4 langkah
kerja,yaitu: 1.langkah hisap 2.langkah usaha 3.langkah kompresi 4.langkah buang 1) Langkah hisap: katup
hisap membuka, torak
bergerak dari titik mati
atas ke titik mati
bawah ,dan menghisap
campuran bensin dan udara. 2)Langkah kompresi:torak
bergerak dari titik mati
bawah ke titik mati
atas,pada saat torak akan
mencapai titik mati
atas,busi meloncatkan bunga api listrik yang
membakar campuran
bensin dan
udara .Kemudian timbul
ledakan yang mendorong
torak ke TMB. 3)Langkah usaha:torak
bergerak dari TMA ke TMB
karena terdorong oleh
ledakan yang timbul pada
saat kompresi,pada saat
ini timbul langkah kerja/ langkah usaha. 4)Langkah buang:torak
bergerak dari TMB ke
TMAdan membuang sisa
gas hasil
pembakaran.pada saat ini
katup buang membuka. Proses tersebut terjadi
berulang-ulang dimulai
dari langkah hisap sampai
langkah buang dan
menggerakkan mesin.
-Ada bahan bakar
-ada udara
-ada panas yang tinggi
yang bisa membakar
campuran udara dan bahan bakar
-pembakaran di ruang
tertutup menimbulkan
tekanan
-Tekanan tersebut
dinamakan tenaga motor Mesin otomotif
berdasarkan langkah
kerjanya:
- Mesin 2 langkah/2 takt
- Mesin 4 langkah/4 takt Berdasarkan bahan
bakarnya: - Motor Bensin
- Motor Diesel Mesin yang menggunakan
bahan bakar bensin
dinamakan motor
bensin.Pada motor
bensin,penyaluran bahan
bakarnya menggunakan karburator. Mesin yang menggunakan
bahan bakar solar
dinamakan motor
diesel.Pada motor
diesel,penyaluran bahan
bakarnya menggunakan bosh pump. Konstruksi motor diesel
pada umumnya
mempunyai konstruksi
mesin yang lebih kuat dan
lebih berat daripada
konstruksi motor bensin,karena sistem
pembakaran pada motor
diesel mempunyai daya
yang lebih kuat
dibandingkan sistem
bahan bakar motor bensin sehingga motor diesel
membutuhkan konstruksi
yang lebih kuat
dibandingkan dengan
konstruksi motor bensin. Pada mesin 2 takt
mempunyai 2 langkah
kerja,yaitu: 1. langkah ekspansi 2. langkah kompresi 1)Langkah
kompresi:Torak/piston
bergerak dari TMB ke
TMA,saluran masuk bahan
bakar terbuka,campuran
bahan bakar & udara masuk ke ruang karter&
gas yang ada di ruang
bakar dimampatkan oleh
piston. 2)Langkah
ekspansi:Beberapa derajat
sebelum TMA busi
meloncatkan bunga api
listrik & gas yang ada di
ruang bakar akan terbakar & timbul tekanan
yang tinggi sehingga
mendorong piston ke
TMB.Saluran masuk
tertutup & bahan bakar di
dalam karter naik ke ruang bakar melalui
saluran pembilasan
sekaligus mendorong gas
sisa pembakaran keluar
dari ruang bakar melalui
saluran buang. Pada mesin 4 takt
mempunyai 4 langkah
kerja,yaitu: 1.langkah hisap 2.langkah usaha 3.langkah kompresi 4.langkah buang 1) Langkah hisap: katup
hisap membuka, torak
bergerak dari titik mati
atas ke titik mati
bawah ,dan menghisap
campuran bensin dan udara. 2)Langkah kompresi:torak
bergerak dari titik mati
bawah ke titik mati
atas,pada saat torak akan
mencapai titik mati
atas,busi meloncatkan bunga api listrik yang
membakar campuran
bensin dan
udara .Kemudian timbul
ledakan yang mendorong
torak ke TMB. 3)Langkah usaha:torak
bergerak dari TMA ke TMB
karena terdorong oleh
ledakan yang timbul pada
saat kompresi,pada saat
ini timbul langkah kerja/ langkah usaha. 4)Langkah buang:torak
bergerak dari TMB ke
TMAdan membuang sisa
gas hasil
pembakaran.pada saat ini
katup buang membuka. Proses tersebut terjadi
berulang-ulang dimulai
dari langkah hisap sampai
langkah buang dan
menggerakkan mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar