Beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa Nozzle telah aus dan memerlukan penggantian adalah pada saat mana dilakukan pressure dengan Diesel Fuel Injecyor Tester terlihat : (1). keluarnya solar dari ujung nozzle masih berupa cairan solar yang memancar lemah bukan berbentuk butiran-butiran solar yang halus atau bukan berbentuk kabut. (2). pada saat dilakukan pressure tidak terdengar suara berdering dari ujung nozzle. (3). pada saat dilakukan pressure,jarum penunjuk Pressure gauge pada Diesel Fuel Injector Tester tidak bergetar kearah naik dan turun. Jika ketiga indikasi sudah terlihat maka berarti mutu penyemprotan solar dari Diesel Fuel Injector tidak baik dan merupakan salah satu penyebab pembakaran dalam ruang bakar motor diesel tidak sempurna sehingga mengakibatkan tingginya angka kepekatan asap motor diesel penggerak Forklift.Sebagai jalan keluarnya adalah dilakukan penggantian Nozzle dan kalibrasi Diesel Fuel Injektor dengan menggunakan Fuel Injector Tester oleh orang yang ahlinya.Tekanan penyemproten nozzle dari setiap merk motor diesel tidak sama, ada yang bertekanan 110 Kg/cm2,115 Kg/cm2,170 Kg/cm2 atau 175 Kg/cm2 tergantung dari spesifikasi yang ditetapkan oleh pabrik pembuat motor diesel yang bersangkutan.
Tinggi dan rendahnya tekanan penyemprotan dapat di setel melalui baut penekan pegas spiral yang ada dipangkal Diesel Fuel Injector pada saat dilakukan Uji dengan Diesel Fuel Injector Tester.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar