Kebocoran Pada Exhaust
Valve Case.Pada suatu hari
ditemukan gangguan
berupa bocoran air yang
terus terjadi pada air
intake manifold pada
mesin diesel pembangkit listrik kami.Pada biasanya
air yang di drain dari drain
valve manifold sedikit dan
tidak terus menerus. Hal
ini disebabkan karena
kandungan moisture pada udara ketika diisap dan
ditekan oleh blower
kemudian didinginkan
intercooler sehingga
moisture tersebut
berubah fasa menjadi cair (jadi air). Akan tetapi
yang terjadi air yang
keluar terus menerus
pada katup drain.Pertanyaannya, dimana gangguan yang terjadi pada mesin diesel tersebut? Terdapat dua opsi,yang pertama terjadi kebocoran pada intercooler.Opsi keduanya adalah kebocoran pada silinder head.Sehingga caranya adalah melakukan pengecekan dengan jalan yang pertama dengan menjalankan pompa intercooler dan pompa jaket water.Ternyata ketika dijalankan pompa intercooler tidak terjadi perubahan debit kebocoran sedangkan ketika dijalankan pompa jaket water terjadi penambahan debit air bocoran.Sehingga dapat disimpulkan terjadi kebocoran pada silinder head (leakage occurin cylinder head).Untuk memastikan kami lakukan flushing dengan membuka
indicator cock di semua silinder.Maka ditemukan silinder
head yang terjadi
kebocoran. Setelah didrain
keluar seluruh air dalam
jaket water, dilakukan
pembongkaran silinder head tersebut. Setelah
silinder head dibongkar
dan diangkat, dilakukan
pengecekan dengan cara
memberi air bertekanan
dan menutup semua saluran air yang ada pada
silinder head. Kebocoran air terjadi pada exhaust valve case. Dikarenakan O- ring yang terdapat pada permukaan antara exhaust valve case dengan valve seat. Setelah
dilakukan pergantian O- ring exhaust valve case silinder head dirakit kembali.Setelah itu diadakan pengecekan dan hasilnya mesin diesel laik operasi kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar