Selasa, 01 November 2011

Top Dead Center

TDC/Top Dead
Center merupakan salah satu cara standart untuk melakukan penyetelan mesin,pembongkaran/ overhoul,tune up atau penggantian timing belt. Dengan mengetahui titik mati atas piston di harapkan akan mudah dalam proses perakitan kembali mesin.Tentunya untuk belajar otomotif harus mengetahui TDC mesin dengan berbagai cara simpel dan standar, walau kita sebenarnya bisa mengetahui top piston dengan berbagai metode,namun yang sesuai petunjuk pabrik sudah di beri tanda pada pulley atau roda gila(tergantung jenis mesin). Beberapa cara untuk mengetahui posisi TDC mesin antara lain: 1. Melihat tanda di Pulley/Roda gila (Flywell).Untuk mesin umumnya sudah di sertakan tanda top dead center yakni biasanya tanda pada pulley harus lurus dengan angka NOL (0) pada body mesin atau yang berada pada roda gila tanda angka NOL/ huruf T harus lurus dengan tanda pada body. 2. Melihat posisi nok as/noken as (cam shaft) Nok as pada silinder yang TDC posisi roker arm kondisi bebas/renggang tidak menekan batang valve. 3. Melihat arah rotor distributor.untuk Setting timing yang sudah benar bisa juga di lihat dari arah rotor distributor apabila mengarah ke kabel busi no 1 berarti top silinder 1. 4. Melihat Posisi Piston melalui lobang busi. biasanya untuk yang masih ragu juga bisa meyakinkan posisi top dari lubang busi apabila langkah no 1,2 dan 3 sudah terlaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar