Selasa, 01 November 2011
Turbocharger
Turbocharger adalah komponen tambahan untuk meningkatkan tenaga mesin tanpa memperbesar volume silinder (cc) mesin.Turbo memanfaatkan tenaga putaran yang di hasilkan oleh gas buang untuk mensuplai udara lebih banyak ke dalam silinder BAGAIMANA CARA KERJA TURBO? Pada turbo terdapat sebatang sumbu yang pada tiap di ujungnya terdapat kipas (pin wheel) yang keduanya terletak di ruang yang berbeda.Kipas pertama disebut turbin wheel di tempatkan pada saluran exhaust manifold yang akan berputar bila mana gas buang melaluinya.Pada putaran ini akan memutar keseluruhan batang sumbu berikut kipas kedua (disebut blower impeller) yang berada di ujung lainnya.Blower impeller di letakkan pada saluran udara masuk ke mesin (intake manifold) di mana ketika berputar akan mendorong udara masuk ke dalam mesin.Turbo akan efektif saat exhaust manifold telah mencapai tekanan yang cukup untuk memutar turbine wheel MENGAPA TURBO BERMANFAAT Karena biasanya mesin yang harus bekerja menghisap udara.Dengan kata lain,pada saat intake valve terbuka,pergerakan turun piston akan menciptakan ruang vakum pada silinder sehingga udara luar terhisap kedalamnya.Dengan adanya turbo,tekanan udara pada inteke manìfold menjadi tinggi.Maka ketika intek manifold menjadi tinggi.maka ketika intek valve terbuka,udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalan ruang bakar.Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien MENGAPA INTERCOOLER DIPERLUKAN? Pada saat di dorong masuk oleh turbo,tekanan udara akan meningkat,demikian pula dengan suhunya.untuk mesin,pemanasan udara masuk ini berdampak buruk.Pertama,menaikan temperatur ruang bakar.Kedua,panas akan membuat udara memuai sehingga kerapatan udara berkurang.Disinilah intercooler di butuhkan sebagai penyeimbang.INTERCOOLER ialah pelepas panas,semacam radiator namun bukan untuk mendinginkan engine coolant,melainkan mendinginkan udara masul yang melaluinya.Dengan menurunnya suhu yang masuk ke mesin ini ada dua manfaat yang di peroleh: temperatur ruang bakar yang rendah dan kerapatan udara yang meningkat,jadi volume udara dapat masuk lebih banyak ke dalam silinder MENGAPA WASTEGATE VALVE DIPERLUKAN? Jika gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih cepat,menyebabkan jumplah udara yang dihisap dan di dorong oleh blower impeller ke dalam intake manifold pun bertambah banyak,bahkan dapat berlebih.untuk mengantisipasi kerusakan yg di akibatkan dari hal ini sistim turbo memiliki wastegat valve.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar