Rabu, 30 November 2011

Switchgear

Switchgear adalah panel distribusi yang mendistribusikanbeban kepanel-panel yang lebih kecil kapasitasnya. Dalam bahasa Indonesia artinya Panel Tegangan Menengah (PTM) atau juga disebut MVMDB ( Medium Voltage Main distribution Board )dan sedangkan untuk tegangan rendah disebut LVMDB ( Low Voltage Main Distribution Board ).

Pada pelaksanaannya banyak pelaku dilapangan menggunakan istilah yang berbeda-beda, kadang ada yang menyebut Distribution Board , Switchgear , MCC , Panel dan sebagainya.
Switchgear itu pada prinsipnya sama dengan panel distribusi. Yaitu mendistribusikan beban kepanel-panel yang lebih kecil kapasitasnya. Mungkin kalau dibahasa indonesiakan Panel Tegangan Menengah (PTM) atau juga disebut MVMDB (Medium Voltage Main distribution Board)dan kalau utk teg. Rendahnya disebut LVMDB (Low Voltage Main Distribution Board).
Pada pelaksanaannya dilapangan banyak pelaku dilapangan menggunakan istilahyang berbeda-beda, kadang ada yang menyebut Distribution Board, Switchgear, MCC, Panel dsb.
Switchgear adalah panel hubungbagi yang berfungsi untuk menempatkan komponen – komponen listrik dalam sistem distribusi tenaga listrik. Gangguan pada switchgear dapat mempengaruhi kelangsungan pasok energi listrik sehingga mengganggu operasi mesin dan kinerja unit menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu SDM yang kompeten, pelatihan ini dapat memberikan solusi terhadap masalah pemeliharaan switchgear di unit pembangkit.

1 komentar:

  1. kalau prinsip kerja switchgear gmna ya pak???
    tlong pncerahanya..mksih

    BalasHapus