Rabu, 30 November 2011

Istilah-Istilah Pada Perkapalan

Actual Total Loss
adalah kerugian seluruhnya (karena barang pertanggungan (muatan) hilang atau musnah, contoh karena kapal terbakar, tenggelam), sehinggamuatan tersebut sudah tidak dapat diselamatkan lagi -
AAAA
Always Afloat Always Accessible. Istilah dalam Charter Party yang menyatakan bahwa kapal akan dioperasikan dalam keadaan selalu terapung dalam artian dioperasikan di perariran yang cukup sehingga kapal tidak kandas atau tenggelam, serta selalu dapat diakses dalam artian bisa didatangi dan dihubungi.

Aangifte van Inlading (A.v.I)
adalah pemberitahuan pemuatan (dokumen Pabean untuk melindungi muatan yang hendak dikapalkan)
Abaft
buritan, di bagian belakang
Abandonmen
Abandonmen adalah penyerahan barang pertanggungan kepada penanggung, untuk mendapat penggantian kerugian penuh.
Aboard
Di (atas, dalam), berada di atas/dalamkapal, naik kapal
Abyss
Bagian dasar laut yang menyerupai jurang ngarai yang sangat dalam, biasanya berada dalam kedalaman 300 mil
Accommodation Unit / Floatel
Biasanya digunakan untuk menyelamatau seperti jackup (liat Jackup), dilengkapi dengan kabin, fasilitas makanan dan kantor yang mampu menampung hingga 800 personel konstruksi atau operator platform lepas pantai. Sebuah unit akomodasi biasanya juga dilengkapi dengan ruang kerja dan fasilitas penyimpanan.
Acte Van Cessie
adalah akta pemindahan hak; akta resmi
Ad Valorem
adalah muatan yang mempunyai nilaijual tinggi (muatan berharga).
Adiabatic
adalah gambaran dari sistem atau proses yang tidak mengalami kehilangan atau peningkatan panas yaitu, pada keadaan konstan (constant entropy) )
Adrift
Terapung-apung, hanyut terkatung-katung. Berada dalam kondisi terapung di laut saat angin betiup kencang dan pada saat pasang air laut, biasanya digunakan untuk menyebut orang yang tidak berada pada tempatnya; meninggalkan tempat kerja.
Advolarum Rates
adalah tarif uang tambang yang berlaku dari pelabuhan utama ke pelabuhan utama lainnya.
Aframax
Sebuah kapal tanker yang memuat minyak dengan berat mati 75.000-115.000 ton. Ukuran statistik ini digunakan untuk menjaga stabilitas ukuran dari �Aframax Tanker�, karena pada beberapa tanker berat matinya lebih dari 125.000 ton atau bahkan kurang dari 70.000 ton.
Against the sun
Pergerakan yang berlawanan denganarah jarum jam. Tali yang kidal digulung dengan cara ini
AHTS
Anchor Handling Tug & Supply, kapal pengatur jangkar yang juga dikombinasikan dengan fungsi kapal suplai.
All Loss or Damage
adalah kerugian apapun yang menimpa barang pertanggungan, menjadi beban penanggung
All Risk
adalah (dipertanggungkan semua) maksudnya asuransi yang menanggung semua jenis resiko. Bisajuga diartikan "Pertanggungan untuksemua jenis kerugian dan kerusakan namun tak termasuk kerusakan karena sifat barang sendiri, kehilangan kesempatan pasar dan risiko karena kerusuhan dan peperangan".
Alongside
Berada di samping kapal, dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.
Altar
Tangga/undakan pada dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah
Ambient Temperatur
adalah suhu yang sama dengan suhulingkungan.
Anchor Handling Tug (AHT)
Kapal yang membawa tugas tertentu untuk proses operasional di laut seperti memasang dan memindahkanjangkar, mengangkut alat-alat instalasi pengeboran bawah laut, dsb. Kapal tersebut juga dapat berfungsi ganda sebagai kapal pensuplay kebutuhan (Anchor Handling Tug & Supply / AHTS).
Anchor Ice
Es, dalam bentuk apapun, yang terdapat di laut dan dapat membahayakan kapal.
Angkutan Laut
adalah setiap kegiatan angkutan dengan menggunakan kapal untuk mengangkut penumpang, barang dan atau hewan dalam satu perjalanan atau lebih dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, yang diselenggarakan oleh perusahaan angkutan laut.
ANNUAL SURVEY
Inspeksi tahunan yang dilakukan oleh petugas khusus (biasanya dari class) untuk mengecek keadaan kapal.
Apeak
Kondisi dimana tali pengait pada jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.
Arbritary Rates
adalah tarif yang ditambahkan pada tarif yang telah dikenakan karena adanya penanganan-penanganan tambahan yang dilakukan terhadap muatan.
Area of Water Plane (AWP)
adalah luas bidang air pada draft tertentu.
Asphyxiant gas
adalah gas yang memiliki, sedikit racun atau tidak ada racun sama sekali tetapi dapat mengakibatkan ketidaksadaran/ kematian, karena gas ini menghilangkan oxygen.
A-stay
Kondisi tali pengait jangkar pada saatbagian ujungnya yang bergerak kira-kira sama dengan sambungan bagian depan yang diam.
Athwart
Menyeberang. Transfer
A-trip
Kondisi dimana tali pengait jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.
Avast
Permintaan untuk segera berhenti, berhenti dari sebuah aksi.
Average
adalah kerugian yang timbul akibat dari kerusakan muatan
Awash
Terendam air, diliputi ombak
B = Buoyancy = Centre Of Buoyancy
adalah titik tangkap dari semua gaya bouyancy; titik geocentris dari bagian/badan kapal yang terbenam di dalam air pada saat kapal tegak. Letak titik B berada pada Centre Line,apabila kapal miring letak titik B akanbergeser ke arah sisi rendah
Back Freight
adalah pembayaran kembali kepada kapal, karena kapal membawa kembali muatan ke pelabuhan asalnya
Bad Weather
adalah cuaca buruk
Bale Capacity
adalah volume ruang palka dihitung dari floor sampai bawah deck beam dan antara kedua sisi dalam gading-gading (kayu bilah keringat).
Ballast
adalah bahan pemberat yang dibawauntuk memperbaiki keseimbangan kapal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar