Rabu, 30 November 2011

Simbol Kebakaran ( Fire Fighting And IMO Simbol )

Fire Fighting And IMO Simbol
Fire Plan
Adalah petunjuk tentang informasi peletakan peralatan untuk fire fighting untuk mempermudah proses evakuasi dan tindakan penyelamatan jika terjadi kebakaran.
A60 – class hinged self – closing fire door
Adalah pintu tahan api dengan engsel penutup otomatis. A60 disini berarti pintu tidak akan terbakar hingga 60 menit dalamkobaran untuk api kelas A.
B – class hinged fire door
Adalah pintu tahan api untuk apitipe B. Berikut adalah tipe fire class :

Amerika
Eropa/Australia
Sumber api
Class A
Class A
Ordinary combustibles
Class B
Class B
Flammable liquids
Class C
Flammable gases
Class C
Class E
Electrical equipment
Class D
Class D
Combustible metals
Class K
Class F
Cooking oil or fat
A60 – class division
Adalah suatu area yang tahan terbakar api selama 60 menit dengan tipe api kelas A.
Wheeled foam extinguisher
Adalah alat pemadam api yang dilengkapi dengan roda. Sehingga penggunaanya dapat dengan cara didorong. Untuk kapasitas tangki tertulis pada symbol.
Foam extinguisher
Alat pemadam api tanpa roda. Biasanya terpasang di dinding untuk mempermudah melakukan tindakan pemadaman ketika api berkobar. Jenis isi tangki dan kapasitas tangki tercantum padalabel.
Berikut adalah beberapa tipe extinguisher :
Fire class
Geometric symbol
A
Segitiga hijau
B
Kotak merah
C
Lingkaran biru
D
Pentagram kuning
K
Hexagon hitam
Fire hose
Adalah kotak berisi selang dan nozzle untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran. Biasanya terpasang pada geladak utama.
Fireman’s axe
Adalah kapak yang digunakan untuk membantu proses pemadaman api. Misal untuk memecahkan kotak tempat extinguisher, memecahkan kaca jendela, atau merusak benda yang lain yang dirasa dapat menyelamatkan hidup mereka.
General / fire alarm bell
Adalah sebagai sumber peringatan bila terjadi kebakaran. Bel terhubung dengan sensor api maupun asap, yang akan mengeluarkan bunyi yang sangat keras agar awak kapal segera melakukan tindakan pemadaman.
Fireman’s outfit
Adalah kotak tempat kelengkapan untuk pemadam kebakaran. Seperti sarung tangan, pelindung muka, penyaring udara, dan sebagainya.
Manual operated call point
Adalah alat yang memungkinkankru kapal untuk mencapai alarm ketika terjadi kebakaran dengan menekan tombol yang tersedia untuk menghidupkan system alarm. Alat ini terpasang minimal 1.4 meter di atas geladak cuaca untuk mempermudah akses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar