Senin, 14 November 2011

Temperatur Gas Buang Abnormal (exhaust manifold merah membara)

temperatur gas buang
abnormal.Banyak orang yang tidak begitu menghiraukan apabila exhaust manifold merah membara....( ah biasa aja..namanya juga terjadi pembakaran..dan sisa pembakaran di dalam silinder tersebut di keluarkan lewat knalpot alias exhaust manifold bagi mesin diesel besar ) namun jangan pernah anggap sepele ketidak normalan ini,..ini merupakan suatu indikasi kalau ada yang gak beres terjadi pada mesin yang anda jalankan...emang sih temperatur gas buang fluktuatif tergantung pada berapa banyak energi yang terbakar di dalam ruang silinder...namun bila sudah berlebihan ( tidak seperti biasanya/exhaust manifold merah membara ).suhu air pendingin Jacket water, intercooler water dan pelumas ikutan tambah panas,ini artinya sudah terjadi sisa pembakaran energi di luar silinder ( terjadi di exhaust manifold ) tempat yang tidak semestinya terjadi pembakaran energi...jelas energi tersebut loss tidak dimanfaatkan menjadi energi gerak..jangan salahkan klo mesin itu borosss BBM..!
mengapa sih bisa kejadian seperti itu....??? lakukan beberapa langkah di bawah ini : [1]. coba cabut injector dari silinder blok,kemungkinan nozel buntu akibat kerak pembakaran sehingga pengabutan yang terjadi tidak sempurna. [2]. periksa suhu udara bilas,kemungkinan
intercooler tidak berfungsi
sempurna mendinginkan udara bilas yang dikirimkan dari turbo.periksa system pendinginan
intercoolernya,periksa juga suhu di skitar mesin saat itu.jadi intinya udara yang digunakan untuk pembakaran dan udara bilas panas (partikel udara panas tidak padat)sehingga pembakaran tidak sempurna.membakar
energi di luar silinder. [3). resetting valve gap / jarak
antara kepala rocker arm dengan kepala valve case,biasanya akibat operasi dalam waktu yang lama setinggan berubah sehingga timing pembakaran tidk benar...kasarnya silinder sudah harus langkah usaha tp masih aja kompresi...jadi akhirnya terpaksa sisanya di bakar di luar silinder. [4]. Seandaix semua bagus,coba periksa kompresi silindernya,mungkin udah lemah butuh di ganti kali ring
silindernya...kemudian re- sekir valve.

2 komentar:

  1. thanks bro..ulasan yang sangat membantu..memang erkadang kita jg butuh bloger seperti ini..walau saya juga seorang pelaut tapi jujur terkadang ada saja yg tidak ingat alias lupa.and gak jarang juga yg kurang memahami..thanks bro..maju terus blog ini..

    BalasHapus