Sabtu, 19 November 2011

Kamus Otomotif 1

Detonation :Kerusakan busi yang disebabkan karena Insulator retak atau coak. Teknik penyetelan 'gap' yang tidak tepat juga bisa menyebabkan keretakan pada ujung insulator. Diameter X Langkah : Diameter adalah ukuran garis tengah dari lubang silinder mesin.Sering disalah namakan dengan bohring oleh mekanik awam yang sebenarnya adalah boring.Sedangkan langkah adalah panjang gerakan bolak-balik dari piston.Panjang langkah piston ini diukur dari titik mati paling atas (TMA) atau TDC (top death center) sampai ke titik mati paling bawah (TMB) atau BTC (bottom dead center).Panjang langkah ditentukan oleh diameter lingkaran yang dibuat oleh putaran poros engkol.Atau sama dengan panjang antara titik pusat poros engkol dengan tempat setang piston dipasang.Diameter dan langkah ini menentukan volume atau kapasitas mesin.Diesel engine : Merupakan jenis mesin penghasil tenaga dengan mesin yang mengunakan sistim pembakaran oleh kompresi.Tidak seperti mesin lainnya yang pembakaran-nya diambil dari pengapian atau ignition yang mengunakan percikan api. Diesel menggunakan suhu panas dari kompresi. Udara ditarik ke silinder dandi kompres sehingga menciptakan suhu yang sedemikian panas yang menyalakan bahan bakar yang diinjeksikan ke mesin.Kata diesel sendiri diambil dari nama penemunya yaitu Rudolph Diesel.Mesin Diesel sangat irit dalam menggunakan bahan bakar ketimbang mobil bensin,tapi mobil diesel punya pantangan yaitu bahan bakar di dalam tangki kendaraannya tidak boleh di pakai sampai habis. Aturan umumnya adalah bahan bakar yang tersisa minimal 1/3 tangki. Bahkan ada kendaraan yang isi bahan bakarnya tinggal ½ tangki pun,ia harus sudah diisi penuh lagi.Diesel motoren : Adalah motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar solar di campur dengan udara.DKW :Singkatan dari Damp fkraft wagen artinya kendaraan yang ditenagai uap.Diciptakan oleh Jorgen Skafte Rasmussen Dimmer. Switch :Sakelar peredup lampu.Direct Acting : Jenis peredam kejut. Gaya peredaman direct acting diperoleh dari gaya tekan oli yang melewati lubang kecil seperti sebuah plunyer yang bergerak ke atas dan ke bawah pada silinder.Direct Injection : Merupakan system injeksi bahan bakar pada mesin diesel.Disebut juga injeksi langsung karena solar diinjeksikan ke dalam ruang bakar yang terdapat di antara kepala silinder dan piston. Guna mendongkrak efisiensi pembakaran solar,ruang bakar mesin diesel injeksi langsung dirancang secara khusus.Saat ini ada 3 macam ruang bakar mesin diesel injeksi langsung yaitu multi spherical,hemispherical, spherical.Disk brake : Rem cakram.Distributor : Alat yang mengirimkan listrik koil secara merata dan pada waktu yang tepat secara tepat ke busi mesin.Distributorless Ignition : Perangkat yang menghilangkan peran distributor(delco) untuk pengapian busi.DOHC : Double Over Heat Chamshaft adalah konfigurasi mesin yang menggunakan dua poros bubungan untuk mengontrol katup satu untuk katup pipa masuk dan satu lagi untuk katup buang. DOHC menghemat parts,juga meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebisingan.Dengan lebih sedikit komponen artinya mengurangi gesekan. Mesin pun bisa bekerja pada rpm tinggi dan menghasilkan tenaga lebih besar.Dynotest : Test kekuatan dapur pacu (mesin).Econo drive : Indikator pencatat pemakaian bahan bakar dengan tujuan agar si pengemudi dapat menghemat bahan bakar. Teknologi ini ada pada BMW.Caranya cukup perhatikan angka-angka di jalur pergerakan jarum juga satuan di bawahnya. Misalnya terdapat satuan 20/100 berarti 20 liter untuk 100 km. EEC : Evaporatif Emmision Control adalah Sistem Pengontrol Emisi Evaporatif dipasang untuk kendaraan berbahan bakar bensin Elektrolit : Asam sulfur dan larutan air dalam baterei mobil yang memproduksi listrik. Electrocat Diesel Particular Filter (DPF):Teknologi dari Inggris untuk menyaring gas buang pada kendaraan bermesin diesel agar lebih ramah lingkungan.Emisi gas buang rendah namun tetap irit.PDF dapat beroperasi pada suhu rendah dan membersihkan sendiri gas buang tanpa bantuan additif. DF juga tidak terpengaruh dengan besarnya kadar belerang di solar.PDF menggunakan filter plasma untuk membersihkan segala bentuk partikel karbon termasuk ultrafine. PDF juga menghilangkan segala bentuk gas hidrokarbon termasuk gas-gas yang diduga bersifat karsinogenik (penyebab kanker). PDF dikembangkan dengan teknologi elektrokat memakai gas plasma. Gas ini telah mengalami ionisasi dengan arus listrik ketika menembus saringan.Reaksi kimia tersebut berlangsung di suhu rendah dimana emisi gas buang potensial terjadi lebih besar. Penyaringan gas beracun dapat dilakukan tanpa bantuan konverter katalitik.Electronic Control Unit (ECU) : Merupakan suatu perangkat elektronik yang terorganisir. Bisa menerima dan memberi sinyal listrik pada semua kendaraan yang menggunakan sistem EFI (Electronik Fuel Injection) atau MPI (Multi Point Injection). ECU menggunakan sistem bahasa komputer dan berguna untuk menyimpan data-data kerusakan sensor (trouble shooting) pada sistem memorinya. Kegunaan ECU pada kendaraan untuk menghitung beberapa banyaknya campuran BBM dan sistem pengapian. ECU juga dapat untuk mendeteksi : Pengapian (3 sensor),BBM (2 sensor), Udara (2 sensor),Tehnik pendinginan pada idle switch dan kompresor, Coolant (2 sensor),Rpm (takometer),Airbag dan ABS. Masa pakai ECU antara 8-12 tahun.Electronic Fuel Injection (EFI) : Sistem yang dikendalikan komputer, yang menginjeksi bahan bakar langsung ke dalam ruang bakar. Waktu penyemprotan dan banyaknya pasokan bensin diatur komputer. Lebih efisien karena pasokan bahan bakarnya presisi.. Electromotoren : Adalah motor yang dapat hidup karena mendapatkan aliran listrik. Electric Diesel Injection Control (EDIC) :Berfungsi untuk memudahkan dalam menghidupkan dan mematikan mesin melalui kunci kontak pada mesin diesel.Exhaust manifold : Saluran yang menghubungkan kepala silinder dengan saluran buangan gas sisa pembakaran. Exhaust gas outflow : saluran keluar gas buang Exhaust gas admission : jalan masuk gas buang Exhaust gas temperature gauge : Pengukur suhu yang bersensor di manifold. Alat ini juga dilengkapi lampu indikasi mirip takometer yang nyala bila terjadi perubahan suhu. Bila ada perubahan suhu, manajemen mesin perlu ditinjau kembali. Exhaust pipe : pipa gas buang Exterior.Transmisi : Digunakan untuk memindahkan torsi ke konverter torsi,memindahkan tekanan hidrolik, melumasi bagian-bagian yang bergerak, dan memindahkan panas. Flywheel :Gunanya untuk meneruskan putaran kruk as agar ia tidak mudah berhenti.Foeler :Merupakan bilah ukur terbuat dari logam tipis, pipih yang berfungsi untuk mengukur kecepatan lebar celah katup,celah busi,celah platina dsb.Lembar bilah ukur memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Bilah ukur digunakan dalam posisi lurus (tidak miring) untuk menghindari kesalahan pembacaan hasil pengukuran.Fuel Pressure Regulator : Umumnya terdapat di mesin berinjektor. Bentuknya tabung mirip jamur yang dilengkapi jalur fuel by pass dan dipasang pada fuel line di modul injektor demi efisiensi balik di bawah bodi. Berfungsi saat mesin ber-akselerasi atau sebaliknya. Di dalamnya bekerja diafragma buka tutup yang mengatur tekanan bensin masuk ke ruang bakar sesuai tingkat kevakuman mesin. Saat akselerasi menyuplai tekanan ekstra dan instan, sedangkan deselerasi membuang muatan over boost melalui jalur by-pass ke tangki bensin.Fuel pump : pompa bahan bakar gunanya untuk memompakan bensin dari tangki yang dialirkan masuk ke dalam karburator.Fuel pump belt : sabuk pompa bahan bakar.Flywheel : Komponen bulat sangat berat ini berada di salah satu ujung poros engkol. Fungsinya menjaga poros engkol tetap berputar dengan rata ketika tidak ada tenaga yang dihasilkan mesin.Gasket : Lapisan melingkar di atas speaker ini berada di posisi terdepan dari subwoofer. Komponen yang satu ini adalah bagian dari cone. Fungsi jamaknya sebagai pengikat cone. Gasket banyak berperan pada performa getaran yang ada di cone. Bahan yang biasa dipakai adalah kertas yang tebal,selain karet, plastik atau lempengan timah. Gasoline pump : pompa bensin Gasoline Direct Injection : Sistem injeksi bahan bakar dari Mitsubishi yaitu mesin bensin injeksi langsung keruang bakar dan tidak lagi dicampur dengan udara di saluran masuk (intake) seperti sistem EFI pada Toyota. Hasilnya konsumsi BBM lebih hemat sekitar 20% dan tingkat emisi (CO2) turun 20%. Gauge : Perangkat display dari instrumen yang memperlihatkan jumlah bahan bakar di dalam tangki mobil, jumlah ampere dan voltase, ukuran km/jam yang ditempuh, rpm dari kendaraan, bahkan tekanan oli.Generator : Gunanya untuk menambah stroom dari aki apabila stroom-nya sudah berkurang/terpakai.Gemuk : Semacam sabun yang merupakan campuran antara minyak bumi, minyak sintetis dan zat bersifat pasta. Governor : Merupakan komponen pada mesin diesel yang berfungsi mengatur volume semprotan solar nosel sesuai beban mesin.Horse power : Satuan pengukuran tenaga atau rasio kerja yang sudah dihasilkan. Di Indonesia cukup diterjemahkan sebagai 'tenaga kuda'. Yang perlu diperhatikan, penggunaan satuan tenaga serupa di Amerika Serikat menggunakan istilah ft-lb yaitu ft (feet) dan lb satuan tekanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar