Rabu, 07 Desember 2011

Injector




Injector yang digunakan pada mobil injeksi diproduksi antara lain oleh : Bosch, Lucas, Weber, Nippon, Denso, Siemens Jecs, Nikki, Rochester, Bendix dsb.
Yook kita mengenal sedikit lebih dekat dengan si injector ini…. tentunya artikel ini masih banyak kekurangan nih yak.
Sesuai namanya, fungsi injector adalah menyuntikkan (menyemburkan) bahan bakar untuk dibakar di ruang bakar.
Kalau pembakaran sempurna (Maksimal) maka tenaga akan maksimal, polusi akan minim.
Kalau pembakaran tidak sempurna maka tenaga akan minim, polusi akan maksimal.

Denger2 yang sering dikasih acungan jempol adalah injector-injector buatan BOSCH karena kualitas produksinya.
Pemakaian injector pada mesinpun berbagai macam, yang umum sekarang adalah setiap silinder ditempatkan satu injector atau sering disebut2 orang sebagai Multi Point Injection.
<!–nextpage–>
Ini detail irisan bagian dalam injector… eddhuuun… sebegitu akuratnya pembuatan sebuah injector ya…
Kebayang khan kalo bensin yang kita pakai itu banyak kotoran?… bakal mampet tuh ya…
Pada kebanyakan injector, sudah dipasang juga filter super halus di bagian masuk bahan bakarnya.

<!–nextpage–>
Gimana sih semprotan yang dikategorikan baik? … ini neh..
Lubang injector beda-beda… hal ini menyebabkan bentuk semprotannya akan berbeda pula.
Pada mesin mitsubishi lancer, malah yang benar kalau semprotannya agak miring, karena dibelokkan oleh lubang injector itu sendiri, makanya dibedakan dengan warna pada body injectornya, karena untuk menyesuaikan semprotan dengan letak injector terhadap konstruksi ruang bakar itu sendiri.
So.. kalo mau bersih2 injector.. jangan langsung asal lepas2 yak… liat dulu posisi awal injector, kalo perlu ditandai dengan nomor dsb.
<!–nextpage–>
Gak cuman kemampuan nyemprot aja nih…
Kapasitas dalam menyemprotkan bahan bakar juga ada ukuran2 yang ditentukan atau dianjurkan oleh si produsen kendaraan itu sendiri….
Makanya banyak injector yang dibuat untuk kompetisi dengan janji dapat menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dalam waktu yang sama… ya hasilnya pasti lebih boros dong ya… kompetisi kok masih mikir2 konsumsi bahan bakar :P
Di gambar di atas terlihat beda kapasitas semprot (fuel delivery) tiap injector yang di uji.
Ini belum kita ngomongin soal injector untuk mesin teknologi GDI (Gasoline Direct Injection) yang dipakai Mitsubishi ya… kalo GDI, si injector penempatannya seperti busi, jadi mulut lubang injector akan berhadapan langsung dengan proses pembakaran tanpa melewati klep (valve).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar