Sabtu, 05 November 2011

FUNGSI STEL KLEP

Menyetel katup Engine standar dengan lifter mekanik masih membutuhkan penyetelan katup dan TUJUAN penyetelan katup adalah : [1].untuk menjamin efisieni pemasukan campuran bahan bakar dengan udara kedalam silinder untuk di kompresikan untuk pembakaran untuk memperoleh power yang di harapkan. [2].untuk menjamin efiiensi gas bakar untuk keluar dari dalam silinder ke udara bebas melalui exhaust manifold. [3].untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap silinder mendekati sama. KESALAHAN dalam penyetelan katup dapat di kelompokkan seperti berikut: [1].setelan katup terlalu rapat akan mengakibatkan katup membuka lebih awal,hal ini mengakibatkan tekanan kompresi rendah dan kehilangan tenaga. [2].Setelan katup terlalu renggang,dapat mengakibatkan katup membuka terlambat,hal ini akan mengakibatkan kuantitas pemasukan dan pembuangan rendah. [3]. Setelan katup antar silinder tidak sama maka pemasukkan dan pembuangan tidak sama, hal ini dapat mengakibatkan engine hunting karena power antar silinder berbeda sehingga engine bergetar dan suara katup irreguler. Celah katup dapat di setel antara tip rocker arms dengan tip batang katup atau rocker arms dengan bumbungan cam,ada kalanya penyetelan katup dilakukan dengan shim plate.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar