Sabtu, 19 November 2011

Kerusakan Pada Cylinder Liner

Kerusakan Pada Cylinder Liner
sudah pernah dengar cylinder liner? kali ini akan dibahas mengenai cylinder liner dan beberapakerusakan yang mungkin terjadi.
Cylinder liner merupakan tempat untuk bergeraknya piston dari titik mati atas ke arah titik mati bawah. Cylinder liner adalah tempat berlangsungnya proses kerja mesin langkah isap, kompresi, usaha dan buang.
Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada cylinder liner, adalah:
Untuk kerusakan yang berupa aus dan tergores maka bagian yang harus diperhatikan adalah diameter dalam dari cylinder liner.
Sebelum dilakukan reparasimaka kita harus melepas berbagai bagian dari mesin, dibersihkan, diperiksa dan dilakukan pengukuran apakah kondisi dari bagian-bagian mesin tersebut masih sesuai dengan buku manual mesin atau persyaratanyang diijinkan dari biro klasifikasi.
Cylinder liner harus bersih dari lemak, deposit karbon, dan karat, pembersihan dilakukan dengan2 cara, yaitu:
Dibersihkan dengan bahan kimia, yaitu larutan alkalin yang dicampur dengan bahan kimia lain seperti : calcined soda, caustic soda, waterglass, sabun, potasium bichromat. dengan larutan kimia dengan komposisi tertentu dan jangka waktu tertentu, karena pada cylinder head terdapat lubang pendingin, dan apabila terlalu lama direndam dalam larutan kimia akan merusak material. Larutan kimia berfungsi untuk melunakkan kerak karbon atau kotoran yang ada kemudian dibersihkan dengan sekrapkayu atau sikat yang kaku, agar tidaktergores maka tidak diijinkan menggunakan sikat kawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar