Sabtu, 19 November 2011

konstruksi haluan kapal

haluan kapal adalah bagian depan kapal yang paling besar mendapat tekanan dan tegangandari luar karena gerakan kapal yang menerjang ombak, konstruksi haluan kapal di buat untuk mengurangi tahanan kapal(ship resistance) pada saat kapal memecah ombak pada saat berlayar. konstruksi haluan kapalharus memenuhi persyaratan yang berlaku, adapun persyaratan dari konstruksi haluan kapal yaitu sebagai berikut :
1. Di depan sekat pelanggaran bagian bawah, dipasang wrang-wrang terbuka yang cukup tinggi yang diperkuat dengan perkuatan-perkuatan melintang dan balok-balok geladak.
2. Wrang-wrang haluan kapal dipasang membentang dari sisiyang satu ke sisi lainnya, dimana bagian atasnya diperkuat lagi dengan sebuah flens. Pada bagian tengah-tengah wrang secara membujur dipasang penguat tengah (center girder) yang berhenti pada jarak beberapa gading linggi depan.
3. Pada bagian di depan haluan kapal, kulit kapal menjadi sedemikian sempitnya hingga tidak perlu dipasang penguat tengah lagi.
4. Gading-gading pada haluan, biasanya jaraknya lebih rapat satu sama lain. Pada jarak lebih15 % panjang kapal terhitung dari linggi depan, gading-gading pada bagian bawah (deep framing) diperkuat, ( 20% lebih kua) kelingannya lebih rapat, jugat pelat lutut antara gadinggading dengan kulit kapal dipertebal. Lajur-lajur di dekat lunas, pelatnya dipertebal. jenis+jenis haluan kapal berdasarkan bentuk haluan kapal
1. jenis haluan kapal tegak lurus (plumb bow)
2. jenis haluan kapal miring (reaked bow)
3. jenis haluan kapal miring II (reaked bow II)
4. jenis haluan kapal gunting (clipper bow)
5. jenis haluan kapal sendok ( spoon bow)
6. jenis haluan meier kapal (meierbow )
7. jenis haluan kapal pemecah es ( ice breaker bow)
8. jenis haluan kapal berumbi /haluan bola(bulbous bow kapal) Untuk kapal yang dibuat pada masa sekarang, linggi haluan kapal yang lurus (dibuat dari besibatangan) sudah mulai ditinggalkan, terutama untuk kapal-kapal yang ukurannya relative besar. Karena membutuhkan efisiensi yang lebih tinggi dalam setiap gerakannya, usaha untuk itu adalah dengan memasang haluan bola (bulbous bow) atau linggi dibawah garis air muat yang berbentuk bola. Haluan bola ini dipasang sebagai usaha mengurangi tahanan gelombang yang terjadi karena gerak maju kapal.
Susunan konstruksi haluan bola dapat bervariasi, ada yng dibuat dari pelat tuang yang dilengkungkan atau pelat berbnetuk silindris yang dimasukkan kebagian depan kapal. Ketepatan berbagai hal, seperti perencanaan yang tepat, dan pemasangan adalah pokok segalanya. Selain itu, haluan bolamerupakan perbaikan daya apung bagian depan kapal sehingga akan mengurangi anggukan kapal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar