Senin, 14 November 2011

Manifold

Manifold atau header adalah bagian ini
adalah bagian yang
menempel pada silinder
head.Tugas utamanya
adalah mengoptimasi
kecepatan aliran gas buang.Semakin lancar
dan cepat, maka
kemungkinan
peningkatan tenaga dan
performa makin besar.
Karena itulah para engine tuner memasukan header
custom sebagai salah satu
syarat utama agar
performa mesin bisa naik.
Masing-masing jalur pipa
di-design sedemikian rupa agar mampu mengalirkan
udara secara smooth dan
lancar agar mengurangi
penahanan flow.Diameter
pipa juga bias disesuaikan
dengan karakter dan kapasitas mesin yang
diinginkan. Prinsipnya,
setiap pipa manifold harus
mempunyai panjang yang
sama agar kecepatan gas
buang yang dihasilkan setiap ruang bakar
mempunyai karakter
yang sama. Panjang pipa
manifold dan tekukannya
mempengaruhi performa
pada RPM tertentu.Pada beberapa kasus,manifold
header juga bias dilapisi
bahan keramik untuk
mereduksi panas.
Konfigurasi yang
digunakan biasanya adalah 4:1 (empat pipa
manifold masuk menjadi 1
bagian pada pipa
pembuangan) atau 4:2:1
(empat pipa manifold
menjadi dua bagian terpisah dan kembali
menjadi satu bagian pada
pipa pembuangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar