Senin, 14 November 2011

Memilih Metode Pendongkrak Tenaga Mesin

untuk semuanya
Meningkatkan tenaga mesin bisa dilakukan dengan banyak cara dengan tingkat kerumitan dan biaya yang bervariasi. Ada baiknya untuk menyesuaikan perangkat penambah tenaga dengan rute yang paling sering dilewati. Sebagai bahan pertimbangan,dibawah ini dikenalkan bebarapa cara untuk menambah tenaga mesin.
Turbocharger :
Kerja sistem ini dengan memanfaatkan tekanan gas buang untuk meningkatkan tenaga mesin.Caranya, gas buang yang bersuhu dan tekanan tinggi dimasukkan kembali ke saluran intake mesin sehingga proses pembakaran lebih mudah dan kerja piston lebih ringan.
Plus : Torsi dan akselerasi jauh lebih baik. Penambahan tenaganya bisa mencapai 100 daya kuda,bahkan lebih. Perangkat ini juga menghemat energi, karena campuran udara dan bahan bakar yang lebih homogen akan lebih cepat terbakar.
Sistem ini bekerja baik disegala medan,di perkotaan yang macet,di pegunungan yang penuh tanjakan dan berkelok-kelok ataupun jalan antar kota yang datar dan lurus.
Semakin banyak gas buang yangdihasilkan, semakin besar energitambahan yang disuplai turbocharger. Itu sebabnya perangkat ini bekerja lebih baik pada putaran mesin tinggi.
Minus : Ketika Turbo diaktifkan reaksinya terasa agak terlambat.Gejala ini dikenal sebagai turbo lag. Untuk mengurangi efek turbo lag,dikembangkan sistem turbocharger ganda dimana turbocharger pertama bereaksi pada putaran mesin rendah, sementara turbo lainnya bekerja pada putaran yang lebih tinggi.
Pemasangan sistem ini, seringkali mengharuskan perubahan exhaust manifold dan juga penambahan perangkat intercooler sistem yang berfungsi menurunkan suhu udara yang masuk ke intake.
Pemasangannya rumit dan membutuhkan biaya yang mahal.
Perubahan saluran buang (exhaust) :
Prinsip kerjanya adalah memperlancar aliran gas buang (free flow) dan mengurangi tekanan balik.
Plus : Yang pertama kali dilakukan bila ingin mendongkrak tenaga mesin. Selain lebih murah dari pemasangan sistem turbocharger, instalasinya juga lebih sederhana.Pilihannya sangat bervariatif dengan harga yang beragam pula.
Telitilah sebelum membeli,karena perubahan sistem pembuangan akan merubah suara yang keluar.Semakin bebas aliran,semakin dahsyat suara yang dihasilkan.
Modifikasi ini akan sangat bermanfaat untuk mobil yang biasa dipakai untuk perjalanan antar kota. Karena pada kecepatan konstan akan lebih baik bila gas buangnya juga mengalir lancar sehingga kerja mesin lebih ringan.
Minus : Tidak banyak tenaga tambahan yang diperoleh dengan perubahan sistem pembuangan
Modifikasi. saluran masuk (intake) :
Prinsip kerjanya adalah memperlancar masuknya udara ke mesin.Semakin cepat splai udara,semakin tinggi tenaga yang dihasilkan. Agar lancar hambatan yang ada di kurangi sebanyak mungkin. Semakin sempurna aliran udara, semakin cepat proses pembakaran terjadi.
Plus : Dipasaran banyak dijual sistem intake yang memiliki sedikit hambatan dengan bentuk yang bervariasi. Materialnya mulai dari besi,aluminium hingga fiberglass. Yang paling baik berbahan fiberglass disusul aluminium dan besi.
Metode yang banyak dilakukan adalah mengganti saluran intake dengan aluminium karena harganya relatif murah dan tahan lama.
Tambahan tenaganya lebih baik dari pada perubahan saluran buang dengan harga yang lebih murah. Paling baik digunakan di perkotaan yang membutuhkan pasoka udara yang cepat untuk akselerasi.
Minus : Instalasinya lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar