Minggu, 06 November 2011

PENYEBAB SOLENOID RUSAK

Penyebab SOLENOID VALVE
rusak.selenoid mempunyai lubang masukan dan keluaran di dalamnya guna mengalirkan media yang di gunakan seperti udara yang nantinya akan di gunakan untuk menggerakan penggerak seperti cylinder,rotary joint dll.namun ada permasalahan yang sudah umum yang terdapat pada udara yaitu udara mengandung uap air di sebabkan oleh kelembaban dan suhu yang terdapat di dalam pipa atau tabung receiver,kemudian udara tersebut kotor bisa juga dll yang pada intinya semuanya itu
dapat menyebabkan kerusakan pada alat. Proses terjadinya kerusakan SV : Pada dasarnya solenoid valve rentan terhadap kerusakan yang di akibatkan dari kualitas udara yang buruk antara lain kotor,mengandung uap air dll sehingga dapat mempengaruhi kerja atau gerakan piston yang terdapat di bagian dalam solenoid valve pada prinsipnya kondisi piston ini harus selalu bersih dan licin agar gerakannya selalu bebas dan tidak seret.lalu bagaimana proses terjadinya kerusakan?ketika salah satu coil dari solenoid valve menggerakan piston, yang seharusnya piston bergerak dari posisi A ke posisi B namun karena adanya kemacetan pada bagian piston maka piston tidak bergerak sama sekali,akibatnya coil solenoid valve menjadi panas akibat dari beban atau piston yang tidak bergerak dan lama- kelamaan coil akan terbakar dan rusak sehingga tidak dapat bekerja lagi.Sebab SV rusak.Ada beberapa penyebab kenapa solenoid valve mengalami kerusakan sehingga tidak dapat di gunakan kembali dan akhirnya mesin pun akan mengalami kerugian yang cukup besar.pada intinya kerusakan solenoid valve adalah karena pistonnya macet akibat dari : [1].Udara mengandung uap air yang cukup banyak, sehingga menimbulkan karat di blok solenoid valve. [2].Udara kotor sehingga lama-kelamaan kotoran akan menumpuk di pistonnya. [3].Pada supply udara tidak ada tabung oiler/tabung pelumasan yang berfungsi untuk melumasi piston agar tetap licin dan dapat bergerak dengan bebas. [4].Pada supply udara tidak ada tabung Air Filter yang berfungsi untuk menampung kandungan air agar tidak terbawa masuk ke blok solenoid, sehingga udara tetap kering.Mencegah SV rusak.Setelah di ketahui duduk masalahnya,maka kita akan dengan mudah melakukan upaya pencegahannya,ternyata dari semua sebab di atas itu kalau di simpulkan adalah karena tidak adanya pelumasan dan air filter yang dapat melumasi piston dan dapat menyerap kandungan air sehingga tidak mengalir ke piston, maka dalam hal ini harus di pasang tabung oiler dan air filter,tabung oiler berisi cairan oil khusus yang di gunakan untuk melumasi piston agar tidak macet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar