Senin, 14 November 2011

Tips Memperbaiki Gasket Kepala Silinder (Cylinder Head Gasket)

Paking kepala silinder (cylinder head gasket) atau gasket berfungsi sebagai pembatas/sekat oli,air dan gas yang terletak antara kepala silinder dan blok mesin. Gasket yang berkualitas baik mampu meningkatkan kinerja mesin dan memberikan daya tahan yang baik dalam mencegah kebocoran.
Gasket yang telah memenuhi standar biasanya terbuat dari serat aramida (pengganti asbes) dan baja berlaminasi yang berisi lapisan-lapisan logam tipis.Dapat meningkatkan kemampuan mesin sekaligus lebih ramah terhadap lingkungan.Tips Perbaikan gasket Kepala Silinder : Sebenarnya tidak ada periode pemeriksaan terhadap gasket kepala silinder, namun ada beberapa indikator yang apabila muncul anda disarankan melakukan perbaikan/penggantian
gasket kepala silinder kendaraan, yaitu saat : 1. Temperatur mesin sangat tinggi. 2. Air Radiator bercampur dengan oli mesin. 3. Performa mesin menurun. Dalam melakukan perbaikan/penggantian.berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan : 1. Gunakan gasket baru, karena pemasangan kembali gasket lama dapat mengakibatkan kebocoran air, oli dan gas. 2. Gasket, silinder, kepala silinder dan blok silinder dalam kondisi kering. Jangan menggunakan oli/ gemuk (grease), karena dapat mengakibatkan kebocoran kompresi. 3. Pastikan gasket terpasang dengan benar/tidak terbalik (tanda “H” menghadap keatas). 4. Pastikan cincin lapis karet (rubber grommet) terpasang dengan baik. 5. Periksa kembali air radiator, apabila masih tercampur oli kemungkinan besar hal ini dapat disebabkan pemasangan Gasket Cylinder Head yang tidak sempurna. Syarat-syarat gasket yang memiliki kualitas tinggi : 1. SUPERIOR PRODUCT CONSISTENCY.Mampu menahan gesekan pada permukaan blok mesin akibat perubahan suhu. 2. COMPRESIBILITY.memiliki daya penyesuaian bentuk yang baik untuk menutup ketidaksempurnaan dari permukaan blok mesin. 3. DIMENSIONAL STABILITY, memiliki kestabilan dimensi meskipun telah mengalami perubahan suhu dan tekanan. 4. HIGH TENSILE STRENGTH.Dengan kekuatan tarik yang tinggi, gasket tidak mudah putus akibat tarikan yang berlebih. 5. EXELLENT TORQUE RETENTION.Kemampuan menerima torsi yang tinggi membuat gasket dapat menahan tekanan torsi yang berlebih akibaat pengencangan baut yang abnormal. 6. HEAT RESISTANCE.mampu menahan panas akibat dari perubahan suhu yang tinggi (hingga 300°C). 7. ANTI-STICK.Tidak meninggalkan sisa gasket pada saat dilepas. 8. ANTI CORROTION.Tidak menimbulkan karat pada permukaan mesin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar