Sabtu, 19 November 2011

Awas Piston Macet

Tambah paking ada aturannya. Enggak asal nambah gasket di blok silinder kayak nambah paking di bagian mesin yang lain. Kalau itu dianggap sepele, bikin malapetaka. Piston bisa macet waktu kecepatan tinggi.
“Kelihatannya sepele.Padahal, banyak klaim piston macet pas dicek enggak tahunyasuplai oli macet karena ada serbuk paking,.
Tuh, dia masalahnnya kenapa ganjal paking bisa bikin mesin bermasalah..
Main pasang paking tanpa menengok risikonya. .
Dapur pacu yang sudah membengkak otomatis temperatur mesin cepat naik. . Pastinya pendinginan paling sip dari semprotan oli yang dipompa dari bak crankase.Sialnya pelumasan untuk bikin suhu mesin enggak kelewat tinggi terganggu. Palinggawat semprotan oli karena serbuk paking menyumbat lubang pelumasan.
“Paking baru banyak yang rontok dan nyumbat lubang oli. Karena perekatnya ada yang nempel di paking sebelumnya dan lepas masuk karter,.
Tentunya kalau masih satu paking risiko material paking asbes terbuang ke bagian lubang oli kecil. Soalnya gasket ditekan dan dilem terhadap pinggiran crankcase dan blok silinder bawah yang pastinya bahan dari logam. No problemo dengan mesin yang panas karena digencet dengan permukaan logam.
Kalau ditambah paking asbes, gasket baru dilem dengan gasket lama. Artinya, ada bagianyang enggak kena permukaan blok silinder bawah dan bibir crankcase. Permukaan paking lama yang materialnya asbes, disatukan dengan dilem dengan gasket baru yang juga asbes rentan terhadap temperatur tinggi.
Waktu panas memuncak di ruang bakar karena permukaan asbes ditempel ke material yangsama lama-kelamaan rontok.
“Serpihan asbes dari gasket keluar dari bibir blok bawah. Semakin lama, semakin menumpuk yang menutup jalur oli untuk pendinginan,.
Buat menghindari mesin ambruk sebaiknya pilih jenis paking yang aman. “Pakai paking pelat aja. Enggak bakal jadi serbuk yang bikin lubang olimampet,.
Paking pelat yang bermaterial logam bikin kondisi seperti material paking asbes menempel dengan logam. Cumabedanya logam yang sekarang bukan permukaan blok bawah atau bibir crankcase.
Jadi, waspada dengan kebiasaantambah atau ganjal gasket.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar