Senin, 14 November 2011

Kunci Kontak

Kunci kontak terasa hangat atau panas sering terjadi pada mesin lama dan jarang banget hal ini terjadi pada mesin baru, karena masih belum banyak tersentuh tangan-tangan jail.

Untuk kunci kontak,memiliki sebuah switch kontaktor yang berada di belakang/dibalik kunci kontak dan satu poros/sumbu. Jadi begitu kunci kontak di putar maka switch kunci kontak akan ikut berputar.

Untuk mesin lama, pada sistem kelistrikannya sudah sering terjamah manusia dan sering melakukan jurus pintas alias paralel kabel beban/ jumper sumber akan berakibat beban lebih yang di alirkan oleh switc kunci kontak dan sekring, walhasil akan sering mengakibatkan sekring meleleh dan switch kunci kontak panas. kalau panas berlebihan akan merambat dan panas akan terasa pada kunci kontak.

Jadi sumber panad kunci kontak berasal dari kontaktor switch kontak yang kurang bagus terlewati arus yang besar pada saat mesin nyala.

Solusi dan penanganan :

Harus ganti. Untuk merepair bisa saja tetapi bakal menyita waktu lama dan ketelitian tinggi apalagi yang belum pernah. Beli baru aja murah daripada beresiko.

NB :

Untuk kunci kontak yang panas pada saat beban ON seperti AC, audio dll,maka ini dikarenakan beban kunci kontak overload/terlalu besar dalam menghantarkan arus listrik.

Solusi dan penanganan :

Tambahkan relay untuk beban besar dan jangan langsung ikut plus kunci kontak, karena akan membebani kunci kontak yang akan menjadikan kunci kontak panas pada saat beban ON.

1 komentar: