Senin, 14 November 2011

Air circulating system

Sirkulasi udara dalam kamar mesin harus menjamin kecukupan udara bagi engine untuk melakukan pembakaran. Desain air system yang baik harus mampu menjaga suhu kamar mesin maksimal 9 deg C dari ambient temperature yang diukur dari temperatur suhu udara di sekitar kapal.Maksimum suhu udara kamar mesin yang memungkinkan engine bekerja secara maksimum adalah 49 Deg C.Suhu yang panas membuat udara dalam kamar mesin menjadi tipis dan renggang.Udara yang renggang ini dihisap oleh engine untuk digunakan dalam proses pembakaran.Dalam proses ini,massa udara ( O2) menjadi faktor terpenting selain bahan bakar.Dalam udara yang panas,volume udara menjadi besar karena kerenggangan molekulnya,namun kerapatannya rendah sehingga massa yang dikandungnya kecil. Akibatnya,tidak cukup udara (O2) untuk membakar habis bahan bakar yang ada dalam silinder ( pembakaran tidak sempurna).Sisa bahan bakar ini ikut terbawa ke exhaust manifold dan terbakar disana sehingga suhunya meningkat.Engine yang mengalami overheating pada umumnya mengalami black smoke.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar