Sabtu, 19 November 2011

Oil seal, packing dan joints

Oil seal, packoing dan joints merupakan salah satu elemen penting pada komponen mekanik mesin bahkan lebih penting karena oil seal, packing dan joints akan memberikan perlindungan terhadap komponen - komponen mesin itu sendiri, baik karena pengaruh dari luar seperti masuknya kotoran - kotoran yang berupa debu bahkan air yang tidak dikehendaki atau dari dalam mesin seperti kebocoran oli atau air yang seharusnya berada di dalam mesin tersebut.

Elemen mesin untuk jenis ini secara umum dibuat dari bahan - bahan yang memiliki elastisitas yang tinggi atau siat - sifat adhesive sehingga pada saat pembongkaran akan mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru, oleh karena itu sifat, karakteristik serta fungsi oil seal, packing dan joints perlu untuk dipahami sehingga kita dapat memilih dan menggunakannya dengan benar.

Coba kita perhatikan :

A. Oill seal

Oil seal dengan tipe sederhana, kendati pemakaiannya sangat terbatas namun ini sangat efektif untuk perawatan pada bearing yang memiliki greas dimana clearancenya relatif kecil

Oil seal dengan type alur melingkar (Annular Grooves) oil seal dengan jenis seal ini merupakan pengembangan dari type sederhana dimana tempat kedudukan seal berupa lingkaran yang dibuat pada lobang dan kadang - kadang juga jadi satu dengan penutup grease.

Oil seal pengganti bulu-kempa (replacement felts) ini dapat di sesuaikan dengan berbagai ukuran poros, kemudian direndam didalam oli untuk memberikan kesesuaian dengan poros dan jika terlalu kencang akan terjadi kelebihan panas (overheat) dan cepat rusak.

Oil seal dengan rumah logam (metal - cased seal) , oil jenis ini popular dan paling banyak digunakan karena cepat dalam penggantian dengan penyesuaian yang mudah. Oil ini juga dapat berfungsi sebagai bulu kempa (felt) dengan bahan seal dari Neoprene atau kulit. Proses perapatan terhadap porosnya pada bagian kontak dengan permukaan poros diperlengkapi dengan pegas.

 

Gland and reciprocating seal

Stuffing box and Gland

Jenis seal yang sangat sederhana dengan proses yang sangat mudah yakni pengisian box dengan bahan - bahan packing, ditekan pada bagiannya maka akan mampu menjaga kebocoran dari fluida atau steam yang bertekanan.

V - ring Packing

Type packing yang biasanya terdapat pasangan satu set sesuai dengan dimensi yang dibutuhkan, pemasangannya sangat mudah, hanya dengan memastikan posisi packing telah ditempatkan dengan benar pada stuffing box kemudian menekannya melalui baut pengikat sudah cukup untuk melindungi kebocoran. Seal dengan tipe iuni sangat baik digunakan pada power stroke dengan gerak reciprocating, tekanan akan terjadi dibawah bibir, namun pada saat kembali bibir akan kembali pada posisi semula.

Mechanical seal

Stufing box dan gland sangat banyak digunakan pada pompa sentrifugal dengan seal yang dibuat, dimana seal ini lebih mudah dalam penggantian jika terjadi kerusakan, namun pada mechanical seal hal ini tidak dilakukan dimana seal tidak ditempatkan bersebrangan dengan washer.

O - ring

O - ring adalah neoprene ring dengan lingkaran yang dibuat dengan berbagai standar ukuran sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan berdasarkan bentuk alur yang bervariasi oleh karenanya pemakaian O - ring ini sangat efisien.

J - Seal

J - Seal adalah snap - on seal, dibuat dari bahan karet sintetic yang tahan terhadap goresan yang di pres, sel ini terdiri dari tiga komponen yakni dengan dua buah washer anti extrusi, yang khusus menggunakan Cotton reel type untuk mampu menahan tekanan hingga 17 mpa

U - Cups

Seal yang memiliki bibir automatic seal digunakan pada actuator Hydraulic dan Pneumatik yang bertekanan rendah juga digunakan pada cincin wiper pembersih kotoran dengan reciprocating - rod, sekarang dibuat dari karet sintesis dahulu dibuat dari kulit.

B. Packing

Bahan yang berfungsi seal dan terpasang diantara bagian element dari komponen mesin . Bahkan packing packing dipilih dengan ketahanan terhadap :

Air pada temperatur rendah atau tinggi serta bertekanan
Uap pada temperatur rendah atau tinggi serta bertekanan
Gas oxygen atau Nitrogen
Cairan korosi seperti asam nitrat dan asam sulfat
Minyak petroleum seperti bahan bakar, Diesel oil dan lubricating oil
Minyak organik seperti bensin dan aniline

 

Macam - macam Packing

Tidak hanya dengan satu jenis packing dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan akan tetapi terdapat beberapa jenis packing dengan bahan yang berbeda, tentu dengan sifat dan karakteristik yang berbeda pula sehingga pemakaiannya harsu dipilih berdasarkan kebutuhan.

C. Jointing

Jointing ialah suatu material yang di tempatkan diantara bagian element mesin yang diikat dengan baut dengan fungsio seperti seal.

Gasket ialah jointing yang telah dipotong menjadi bentuk bidang yang akan dirapatkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar