Rabu, 07 Desember 2011

pipa air tawar


Yang dimaksud dengan diagram sistem instalasi pipa adalah suatu sistem instalasi pipa yang berupa garis-garis yang menunjukkan arah aliran. Diagram dibuat berdasarkan fungsi masing-masing pipa.Untuk membuat diagram sistem instalasi pipa data yang diperlukan adalah sebagai berikut.
  • Gambar rencana garis kapal ( lines plan )
  • Gambar rencana umum kapal ( general arrangement )
  • Gambar konstruksi penampang melintang kapal (midship section)
  • Gambar rencana letak posisi tangki (tank plan) Setelah data yang diperlukan lengkap, maka dapat langsung melaksanakan pembuatan gambar diagram sistem instalasi pipa.
Dalam pembuatan gambar sistem instalasi pipa kita akan menentukan beberapa hal yaitu jenis pipa, diameter nominal pipa, perlengkapan pipa (fitting) yang digunakan seperti flens, slep, butt joint dan lain-lain, besarnya daya pompa, treatment pipa antara lain jenis dan warna cat, bahwa pipa dan lainlain, serta jenis dan jumlah valve.
Berikut ini disajikan gambar diagram sistem instalasi pipa air tawar dan air laut. 
Gambar 1. Diagram sistem air tawar
Keterangan :
1. Tangki persediaan
2. Pipa pengisian
3. Pipa udara
4. Sounding pipa (pipa duga)
5. Pompa tangan
6. Pompa centrifugal
7. Tangki dinas
8. Pipa pengisap
9. Pipa pembagi
10. Tempat penggunaan
11. Heating coil
12. Pipa udara
13. Oven flow pipa
14. Katup test
15. Selang (Hose)
16. Pipa Utama
Melalui lubang pemasukan (8), pompa tangan (5) atau pompa centrifugal (6), air minum dialirkan ke tangki dinas (7) yang melengkapi dengan pipa udara (12) dan heating coil (11). Dari tangki dinas (7) air dialirkan melalui pipa utama (16) ke tempat-tempat penggunaan (10). Tangki dinas (7) mempunyai overflow pipe (13) dengan sebuah katup test (14 valve) untuk mengembalikan kelebihan air kembali ketangki persediaan (1).
Hubungan dengan overflow pipa pada cabang pipa dengan test valve (14) yang menuju ke ruangan di mana pompa-pompa dipasang. Sistem ini dapat diisi di pelabuhan melalui selang (house) (15)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar