Kamis, 01 Desember 2011

ARTI MOTORBOAT, INBOARD DAN OUTBOARD

Motorboat adalah sebuah kapal yg dimana kapal tersebut mempunyai tenaga dorong yg dihasilkan oleh mesin , beberapa motorboat dilengkapi dengan mesin yg terletak didalam kapal , dan istilah ini disebut sebagai kapal bertenaga inboard, sedangkan beberapa kapal memiliki tenaga dorong yg terletak diluar kapal , istilah ini sering kali disebut sebagai kapal bermesin outboard. ada juga kapal yg diistilahkan dengan inboard/outboard, atau dikenal dengan istilah stren drive.


In board- adalah kapal yg bertenaga mesin (diesel dan bensin pada umumnya), mesin yg menghasilkan tenaga ini disalurkan melalui driveshaft yg dimana driveshaft ini terhubung dengan transmisi sebelum tersambung ke propeler kapal , mesin in board ini bisa terdiri dari mesin yg memiliki 1 silinder hingga dengan 12 silinder, tergantung dr kegunaannya, dr untuk trolling hingga untuk balap. Kapal yg bermesin didalam kapal ini disebut in board dikarenakan semua tenaga yg didapatkan dihasilkan dari dalam kapal tersebut, dr mesin , transmisi, pendingin, hingga pembakaran. Mesin in board tertanam di posisi bagian dalam kapal yg terletak dekat lambung kapal . Inboard tercipta di tahun 1805 yg dimana disaat itu mesin uap yg dipergunakan sebagai sumber drpd tenaga kapal tersebut, di jaman yg modern ini , mesin jet yg biasa menjadi bagian drpd helicopter juga diaplikasikan ke kapal untuk kegunaan balap, hanya saja tidak menggunakan propeler, akan tetapi daya dorong yg luar biasa dasyatnya.

Out board- adalah kapal yg bermesin tempel atau bermesin diluar kapal , yg pada umumnya tertempel dibagian transum kapal , kapal yg bertenaga mesin tempel ini disebut sebagai kapal outboard dikarenakan, seluruh bagian dr mesin yg menghasilkan tenaga untuk mendorong kapal tersebut berada diluar kapal . Semua penghasil dan penyalur tenaga menjadi satu bagian atau satu unit, dr pembakaran, transmisi,shaft,pendingin maupun propeler menjadi satu bagian . mesin outboard juga menjadi bagian drpd kemudi, yg dimana mesin tersebut digerakan dengan hydrolic untuk mengarahkan kapal . Keuntungan drpd kapal bermesin out board adalah: kemudahannya untuk dicopot disaat perbaikan membuat outboard ini sangat digemari dan populer, out board juga mempunyai keunggulan sendiri , mesin dapat diangkat melalui manual maupun melalui hydrolic, untuk menghindari bahaya , seperti disaat kapal berada di air yg dangkal dan penuh dengan karang yg dangkal. Ataupun untuk melewati bahaya lainnya yg ada dipermukaan laut. Mesin outboard ini terdiri dari 1 sampai dengan 8 silinder.power yg dapat dihasilkan oleh mesin outboard ini dr 15hp hingga 350hp (kecuali mesin mesin yg dimodifikasi untuk kegunaan balap)

Stern drive – kapal yg bermesin dalam , mesin tertanam di lambung kapal dekat dengan transum. Mesin ini menyalurkan tenaganya melalui gearbox yg terdapat diluar kapal , gear box 90 derajat ini lah yg kemudian melalui shaft atau as yg vertical menyambungkannya kepada propeler, mesin mejadi bagian drpd kapal akan tetapi gearbox , shaft berada diluar kapal , tertanam tembus melalui transum hanya beberapa cm diatas air. Ada kesamaan antara stren drive dan out board, kesamaannya adalah stern bergerak ke kiri dan kanan untuk menjadi bagian drpd kemudi kapal .keunggulan drpd stern drive salah satunya adalah sama dengan inboard , yg dimana power yg besar akan dapat dengan mudah ditanamkan dikapal. Dan transumpun bebas dr gangguan mesin seperti di inboard, pemancing dapat dengan senantiasa memancing dibelakang kapal tanpa adanya mesin yg mengganggu. Kerugian drpd menggunakan stern drive adalah : ada beberapa selang oli yg selalu terendam didalam air, sehingga memudahkannya untuk menggalami gangguan. Dan juga stren drive ini selalu dalam keadaan terendam didalam air, sehingga memudahkannya untuk berkarat. Maintainance adalah sesuatu yg komplikasi dibandingkan dengan outboard, sekalipun pergantian oli harus dilakukan dengan alat bantu (pompa oli khusus), perbaikan mesin hampir mustahil tanpa mengangkat mesin tersebut dr cabinnya, ini semua dikarenakan space yg sangat rapat. mesin bensin yg tertutup rapat didalam ruangan sering kali harus menghidupkan blower ( exaust) untuk membuang udara yg telah mengandung uapan bensin.agar tidak terjadi ledakan. (kecuali injection)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar