Kamis, 01 Desember 2011

Daya pada rangkaian listrik arus searah

Power atau daya adalah berapa besar gaya yang dapat dilakukan dalam setiap waktu. Daya secara mekanik yang biasa digunakan di amerika adalah menggunakan horsepower. Daya listrik biasanya diberi satuan watt,dan bisa dihitung dengan persamaan P = IE. Daya listrik dihasilkan oleh tegangan dan arus. Horsepower dan watt adalah dua hal yang berbeda namun menjelaskanhal yang sama dalam menjelaskan persamaan fisika, dengan 1 horsepower setara dengan 747,5 watt.

Beberapa bentuk persamaandaya atau biasa disebut dengan hukum joule P = IE , namun dengan persamaan tersebut untuk rangkaian DCkita bisa menghasilkan beberapa persamaan lagi apabila disatukan dengan persamaan pada hukum ohm.
P =IE , hukum joule
E = IR , hukum ohm
Maka akan diperoleh persamaan sbb;
P = IE, apabila E dimasukkan ke persamaan maka akan menghasilkan P = I I R, atau akan menjadi P = I 2 R,
Dan ketika pada hukum ohmapabila kita hanya mengetahui E dan R saja maka akan didapat persamaan. I = E/R, dan apa bila dimasukkan ke persamaan joule maka akan menjadi P = E/R.xE, atau sama dengan P = E 2 /R.
Maka akan didapatkan persamaan hasil gabungan antara persamaan joule dan ohm menjadi P = I 2 R ; P = IE; P = E 2 /R , dan untuk daya dengan satuan watt biasa diberi symbol W

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar