Kamis, 01 Desember 2011

Jenis-Jenis Ujung/Kepala solder

Ujung solder merupakan alat utama untuk pekerjan menyolder/mematri, terdiri dari bagian-bagian
· Kepala-Ujung solder (iron tip)

· Gagang/Pegangan (handle)

Iron Tip/ujung solder menghubungkan dan menyalurkan panas dari elemen pemanas ke sambungan. Pada “tip” solder, umumnya terbuat dari tembaga atau campuran tembaga karena kecapatan menyalurkan panas yang tinggi (konduktif). Kekonduktifan tip akan mempengaruhi energi panas yang dikirim dari elemen pemanas.

Baik bentuk geometri maupun ukuran tip solder akan mempengaruhi performa dari solder itu sendiri. Karakter dari tip dan kemampuan elemen pemanas akan mempengaruhi efesiensi dari sistem penyolderan. Panjang dan ukuran tip akan mempengaruhi aliran panas sedangkan bentuknyapun mempengaruhi seberapa baik panas tersebut disalurkan ke sambungan.
Pegangan atau gagang Ujung-solder dibuat dari kayu atau bahan lain yang tidak menghantar panas seperti plastik dan lain-lain.



Untuk pekerjaan pekerjaan dibengkel listrik /elektronik yang digunakan adalah jenis solder listrik (electric solder) dengan model dan ukuran yang berbeda-beda.
Macam-macam model/bentuk kepala Ujung solder listrik disesuaikan dengan kebutuhan, dan jenis pekerjannnya


Ada juga jenis Ujung-solder model pistol (solder iron gun) banyak dipakai pada pekerjaan elektronik/ listrik , pekerjaan instrumentasi, komonikasi dan servis kelistrikan otomotip. Model Ujung-solder ini banyak disukai karena praktis dan dapat dibawa dilapangan.
Selain itu ada yang lebih kecil lagi modelnya terutama sekali pada pekerjaan elektronik dan instrumentasi yaitu Ujung-solder mini (
mini quick) dan pena solder (soldering-pen).

Biasanya ukuran Ujung-solder listrik dinyatakan dalam Watt, sedangkan modelnya ada yang tetap ditempat dan dilengkapi asesoris yang lengkap. Model Ujung-solder ini banyak dipakai pada pekerjaan elektronik dan pekerjaan instrumentasi, model ini disebut Ujung-solder tetap (
soldering stasion).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar