Kamis, 01 Desember 2011

Satuan HP, PS, KW, BHP

Awalnya satuan pengukuran tenaga adalah HP alias horse power . Namun seiring perkembangan zaman muncul juga satuan2 yang lain seperti PS( Pferdestarke= Bahasa Jerman), PK ( Paarden Kracht= Bahasa Belanda), KW ( Kilo Watt ) & DK (Daya Kuda). Satuan PS & PK banyak digunakan di negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sedangkan satuan HP banyak dipake di negara seperti Amrik, Inggris dsb.. Tiap2 negara punya metode sendiri dalam pengukuran tenaga. Nah hasilnyaseperti ini :

*. 1 HP = 0,735 KW
*. 1 KW = 1,34 HP
*. 1 PS / PK = 0,98 HP
*. 1 PS / PK = 0,74 KW
*. 1 KW = 1,36 PS
*. 1 HP = 1,01 PS
Nah khusus untuk satuan PS/PK berbeda dikit dengan HP. Banyak yang salah kaprah menyebut satuan PS/PK itu sama dengan HP.
Selanjutnya ada juga satuan yangbertuliskan BHP alias brake horsepower . BHP ini pengukurannya berbeda dengan satuan2 HP, PS, KW. perbedaannya adalah kalo HP, PS, KW itu mengukurnyadi putaran roda sedangkan BHP diukur pada mesin ato kruk as. Dengan BHP kita akan mengetahui tenaga murni sebuah mesin tanpa loss power karena kerugian gesekan ban, girboks transmisi dsb.
Selain tenaga mesin, di brosur2 kita jumpai juga torsi mesin. Satuan2 torsi yang lazim kita temui yaitu Nm, Kgf.m & lbf.ft.
*. 1 Nm = 0,74 lbf.ft
*. 1 Nm = 0,1 Kgf.m
*. 1 lbf.ft = 0,14 Kgf.m
*. 1 Kgf.m = 7,23 lbf.ft

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar