Selasa, 06 Desember 2011

Deteksi Kerusakan Dari Warna Asap Kenalpot

Deteksi kerusakan dari Warna Gas Buang..tips untuk mendeteksi kerusakan mesin dari warna gas buang.
1. Asap kenalpot berwarna hitam
Campuran bensin terlalu kaya, bikin mata pedih kaya lagi ngupas bawang, gas buang yang berwarna hitam berasal dari bensin yang tidak terbakar sempurna, setel campuran bensin-udara agar seimbang agar gas buang normal kembali (tidak berwarna) periksa mainjet dan pilot jet untuk mesin yang menggunakan karburator, untuk mesin injeksi bisa cek filter udara, bersihkan bila perlu, cek TPS, MapSensor, O2 sensor, Remapping ECU agar campuran bahan bakar sempurna. Periksa kondisi busi dan pengapian lakukan penyesuain juga.

2. Asap kenalpot berwana putih
Klo kasus ini terjadi berarti ada oli yang masuk kedalam ruang bakar, coba periksa lagi.. apakahasap putih hanya keluar dipagi hari, atau terus menerus ..?
- Bila asap hanya keluar dipagi hari biasanya kerusakan yang terjadi di seputaran kepala silinder, seperti seal klep yang sudah mulai getas, sitting klep sudah mulai “aus”, bushing klep sudah mulai “aus”. Sekarang tinggal lakukan perbaikan dibagian yang tersebut diatas tadi, klo mau gampangnya daripada beli ketengan satu-satu mendingan ganti gelondongan aja pake mesin eks singapur, harga lebih murah, digaransi ama yang jual, tinggal cek sekir klep trus pasang, gampang kan..
Cuma pilihannya belum banyak, masih pada merek-merek kendaraan tertentu, yang ga kebagian.. mau ngga mau ya kudu rebuilt silinder head. Sekedar buat tambahan silinder head Daihatsu “Espass” bisa pake punya “Classy” harga dipasaran mesin limbah paling mahal 650rb, coba klo ente beli klep 16 biji, trus ketukang bubutsetting klep, trus ganti busingnya, beli sil paking “top head” bisa tembus 1jt lebih bro.., kuncinya tetep kudu perhatian ama barang yang bakalan ditebus ok bro..
- Asap Knalpot terus mengepulkan asap putih = turunmesin = ganti mesin = jual.. waduh.. putus asa banget.. kenapa ngga ganti mesin aja (engine swap) biasanya boil tahun 70-80an udah banyak yang turun mesin, meskipun sebagian masih ada yang fit, namun usia kendaraan udah boleh dibilang uzur, Cuma jangan anggap remeh mobil uzur, anak bengkel ngga boleh putus asa, kreatif doonk..
Asap putih yang keluar terus menerus diakibatkan sehingga ruang bakar dipenuhi dengan oliyang bocor melalui dinding piston, akibatnya tenaga mobil loyo karena piston sudah aus, kompresi bocor, ruang bakar penuh kerak karena oli yang dibakar meninggalkan “deposit kerak”, lebih bahayalagi oli mesin habis dan anda tidak sadar, metal jalan pada “kruk as” tergores karena kurangnya pelumasan, dan bisa berakibat macet total.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar